PALU, MERCUSUAR – Sejumlah anggota DPR RI dari Komisi VI yang mebidangi – Perdagangan, Perindustrian , Investasi, Koperasi, UKM & BUMN, Standarisasi Nasional, Selasa (31/10/2017) melakukan kunjungan ke nasabah binaan PT Permodalan Nasional Madali (PNM) Palu d Jalan Sungai Wera, Kecamatan Palu Barat.

Anggota DPR itu bertemu langsung dengan 20 orang anggota yang tergabung dalam nasabah Mebina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) yang merupakan salah satu unit bisnis dari PT PNM.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI sekaligus sebagai ketua rombongan, Azam Azman Natawijana mengatakan, unit bisnis Mekaar dari PNM terus ditingkatkan untuk bisa melakukan penyaluran modal usaha di tingkat masyarakat kecil ke bawah.

Dari hasil kunjungannya, para nasabah Mekaar PNM tersebut banyak mengaku ekonominya terbantu sejak mendapatkan modal dari PT PNM. Karena PT PNM tidak sekadar memberi pinjaman modal saja tapi juga mendampingi.

“Kita harap PT PNM bisa terus mempertahankan penyaluran pinjaman modalnya di tingkat golongan masyarakat bawah,” ujarnya.

Menurutnya, dukungan PT PNM melalui permodalan dan pembinaan harus terus didorong agar tetap menyasar pada pelaku usaha yang berasal dari masyarakat kalangan bawah agar bisa meningkatkan perekonomian UMKM-UMKN secara merata.

“Kalau perbankan mungkin cukup sulit untuk memberi bantuan pinjaman terhadap mereka (kalangan bawah), untuk itu PT PNM kita harapkan terus meningkatkan dan mempertahankan unit bisnis Mekaar nya,” jelasnya.

Pada kunjungan Komisi VI tersebut turut hadir Direktur PR PNM Arif Mulyadi. Arif mengatakan, sampai saat ini PT PNM sudah memiliki cabang Mekaar sebanyak 1.175 di Indonesia. Sementara di Sulawesi Tengah (Sulteng) baru terdapat tiga cabang yaitu Palu Barat, Sigi, dan Donggala.

“Baru tiga cabang karena program Mekaar di Sulteng baru di mulai tahun ini,” jelasnya.

Rencananya PT PNM akan menambah 12 cabang terbaru yang tersebar di daerah-daerah Sulteng pada Desember  2017 atau awal tahun 2018 mendatang.

“Saat ini masih dalam tahap pembangunan cabang Mekaar,” jelasnya.

Selain Direktur PT PNM, dalam kunjungan Komisi VI DPR RI ini juga turut hadir Strategic Advisory PT PNM Hendrik Riwu Kore, Pimpinan Cabang Ulamm PT PNM Sulteng Salim dan juga Ragion Manager Sulawesi II Mekaar PNM Cecem Taufik.RES

Harian Mercusuar

View all posts