BANGGAI, MERCUSUAR– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng memberikan lampu hijau bahwa kenaikan gaji dan tunjangan para penyalur aspirasi rakyat di kabupaten/kota di Sulteng dapat dirapel. Dapat dipastikan bahwa pada penerimaan gaji bulan November 2017, gaji para wakil rakyat dibayarkankan rapelan terhitung mulai Agustus 2017. Artinya, kenaikan gaji dirapel selama empat bulan.

Sinyal lampu hijau itu terungkap ketika asistensi APBD Perubahan Banggai Tahun Anggaran 2017 di Hotel and Resto Kampoeng Nelayan Palu, Selasa (17/10/2017). Konsep rancangan peraturan bupati (perbup) tentang petunjuk teknis pelaksanaan hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Banggai memang belum diasistensi, tapi momen asistensi Perubahan APBD Banggai 2017 sempat dibahas. Pasalnya, struktur Perubahan APBD Banggai yang diasistensi itu sudah mengakomodir belanja kenaikan gaji para penyalur aspirasi rakyat Teluk Lalong.

Informasi ini disampaikan anggota Komisi III, DPRD Banggai, Irwanto Kulap via pesan aplikasi WhatsApp. Irwanto Kulap merupakan salah satu tim dari DPRD Banggai yang mengikuti asistensi APBD Banggai.

Irwanto menjelaskan, terkait dengan peraturan bupati tentang petunjuk teknis pelaksanaan hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Banggai merujuk perintah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017 Tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD, gaji dan tunjangan pimpinan dan anggota dewan tetap dibayarkan sejak perda dilembardaerahkan.

Kaitan dengan tunjangan operasional kendaraan kata Irwanto, diharuskan bagi anggota dewan yang menggunakan kendaraan dinas diharapkan untuk dikembalikan, sehingga mendapatkan tunjangan kendaraan sebagaimana yang sudah dilakukan di DPRD Sulteng.

Walaupun tunjangannya belum dibayarkan, karena dasarnya bisa dirapel serta petunjuk tim asistensi diharapkan di 2017 ini, ketentuan PP 18 tahun 2017 sudah dapat direalisasikan. Irwanto Kulap, menjelaskan bahwa konsep Perbup tentang petunjuk teknis pelaksanaan hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Banggai dijadwalkan akan diasistensi pada tanggal 24 Oktober 2017. BR

 

Harian Mercusuar

View all posts