BIROBULI UTARA, MERCUSUAR – Kanwil Kementerian Agama (Kemenag)  Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) tahun 2017. Rapat yang berlangsung di Asrama Haji Transit Palu,  Senin (31/7/2017).

Kegiatan itu dihadiri Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng  yang diwakili oleh Asisten I Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov), panitia penyelenggara ibadah haji Kanwil Kemenag, serta perwakilan kantor agama kabupaten/kota se Provinsi Sulteng.

Dijelaskan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulteng, Abdullah Latopada,  rapat tersebut digelar untuk semakin mematangkan persiapan penyelenggaraan ibadah haji,  terutama dalam penyesuaian dengan jadwal keberangkatan untuk Jemaah Calon Haji (JCH) asal Sulteng kloter pertama yang akan diberangkatkan pada Kamis (3/8/2017) pagi.

“Insya Allah seluruh jemaah haji yang pertama berangkat berjumlah 450 orang ini akan tergabung dalam kloter 5 yang terdiri dari jemaah asal Kota Palu dan Kabupaten Donggala,” ujarnya.

Abdullah Latopada menuturkan rapat koordinasi yang dilakukan pihaknya ialah  untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga pemberangkatan JCH asal Sulteng nanti bisa berjalan lancar.

“Rakor kali ini kita mencoba mensinkronkan persiapan pemberangkatan jemaah calon haji sehingga kami mengundang tidak hanya dari PPIH tetapi juga lintas instansi, termasuk Pemprov Sulteng dan instansi terkait lainnya,” tuturnya.

Terkait proses pemberangkatan JCH Provinsi Sulteng, Abdullah mengungkapkan bahwa nantinya para JCH kloter pertama akan diberangkatkan dari asrama haji Palu menuju embarkasi Balikpapan

“Jadi mereka ini masuk asrama haji tanggal 2 Agustus kemudian mendapatkan bimbingan manasik haji dan besoknyaitu diberangkatkan dengan terbagi atas tiga trip yakni trip pertama berangkat jam 07.00 pagi, trip kedua berangkat jam 7.15 dan trip ketiga jam 10 pagi,” paparnya.

Ditambahkannya, pihaknya selaku penanggung jawab PPIH Sulteng berharap agar seluruh panitia haji Sulteng dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dan mengutamakan pelayanan kepada  para  JCH. FDL

Harian Mercusuar

View all posts