Kasman Bertemu Kajati Bahas Sosialisasi

DONGGALA, MERCUSUAR – Beredarnya informasi di media sosial terkait kunjungan Bupati Donggala, Kasman Lassa ke rumah jabatan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) di Palu hingga dini hari, menimbulkan sejumlah multi tafsir. Karena pada siang harinya pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulteng, menahan mantan Direktur PDAM Uwe Lino Kabupaten Donggala, Abd. Rahim.

 

Bupati Donggala, Kasman Lassa dihubungi pada Minggu (13/8/2017), menjelaskan kedatangannya ke rujab Kajati tersebut hanya dilakukan dalam rangka mengundang kajati untuk melakukan kegiatan Tim Pengawal Pengaman Pengendalian Pembangunan di Kabupaten Donggala yang merupakan program dari pihak kejaksaan.

Pentingnya kegiatan ini karena akan dilaksanakan bertepatan dengan pelaksanaan HUT ke-65 Kabupaten Donggala 2017, yang akan dihadiri peserta  terdiri dari 16 camat, 158 kepala desa dan 9 lurah ditambah ketua BUMDes, serta ketua BPD, sekretaris desa dan bendahara desa.

Acara sosialiasi dari Kejati ini akan dilaksanakan di aula Kantor Bupati Donggala, Senin (14/8/2017) pada pukul 14:00 wita usai upacara HUT Kabupaten Donggala.

“Pak Kajati akan memberikan pengarahan, jangan sampai kades terjebak dengan dana desa. Dia ingin ada pembekalan dan penyadaran agar pengelola dana desa terhindar dari pelanggaran hukum,” terangnya.

Bupati juga menjelaskan, selain sosialisasi dari Kajati ini, juga akan dilaksanakan serangkaian kegiatan yaitu penandatanganan kerjasama antara Univeristas Tadulako, khususnya Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik dan Fakultas Hukum dengan Pemkab Donggala untuk pengembangan  SDM kepala desa yang akan kuliah non reguler.

“Kenapa kami lambat pulang, karena banyak tamunya beliau (Kajati), jadi kami lambat diterima karena giliran (antrian) kami yang ke sekian dari daerah lain,” tandasnya. HID