TOLITOLI, MERCUSUAR -Kapolres Tolitoli AKBP M Ikbal Alqudusy SIK mengatakan untuk mengawali tugasnya di Tolitoli, dirinya akan memberantas peredaran Narkoba dengan memulainya dari tingkat internal.

“Untuk membersihkan sesuatu yang kotor, sebetulnya bersihkan dulu sapunya. Bagaimana peredaran Narkoba di daerah bisa dihilang kalau di internal tidak bersih,”  tekan Kapolres Tolitoli yang baru bertugas menggantikan AKBP Faisal Ramadan itu kepada wartawan di Tolitoli, Jumat (31/3/2017).

Pembersihan peredaran Narkoba tersebut rencananya akan dilaksanakan selama sebulan.

“Saya akan membersihkan personil, barulah saya akan fokus pada penanganan masalah yang dinggap cukup urgen,” tegasnya.

Bersih yang dimaksudkan Kapolres yakni tidak ada jajarannya  yang terlibat unsur krimininal seperti anggotanya yang berkonspirasi dengan pelaku usaha-usaha ilegal, hingga keterlibatan mengkonsumsi Narkoba, apalagi menjadi pengedar.

“Berdasarkan laporan, masalah Narkoba didaerah ini cukup menonjol. Makanya, saya bersihkan dulu personilnya, barulah kami akan merencanakan upaya progresif menangani masalah ini,” tegas lagi.

Dikatakan, pihaknya tidak akan main-main memberantas maupun memutus mata rantai peredaran Narkoba, baik antar wilayah lintas provinsi  maupun se Sulteng.

“Saya telah memetakan kondisi  dan situasi peredaran maupun siapa saja pelaku yang menjadi bandar serta pengedarnya. Hanya untuk menangani masalah ini, sedikit sulit. Butuh bukti dan data  yang sangat akurat. Ditambah para pelaku cukup lihai. Itulah sebabnya kami perlu membersihkan anggota dari kontaminasi masalah seperti itu,” bebernya.

Informasi diperoleh, Kamis kemarin setiba dari kota Palu, ia langsung melakukan tes urin secara mendadak terhadap seluruh anggota Sat Narkoba Polres Tolitoli.

Kepada wartawan di Tolitoli, ia juga meminta agar terus membangun kemitraan bersama, dengan maksud memberikan informasi positif termasuk mengontrol anggotanya jika melakukan perilaku yang menyimpang sebagai anggota Polisi. LAN

Harian Mercusuar

View all posts