TANAMODINDI, MERCUSUAR– Kantor Dinas Penataan Ruang dan Perumahan (DPRP) Kota Palu, nyaris terbakar. Hal itu diduga akibat korsleting listrik, ketika lampu menyala kembali, setelah sebelumnya terjadi pemadaman listrik, Rabu (8/3/2017).

Informasi yang diperoleh, sebelumnya listrik di kantor tersebut padam, sekira satu ja kemudian listrik kembali menyala, sesaat setelah listrik menyala tiba-tiba, timbul percikan bunga api di bagian kotak panel listrik yang berada di kantor tersebut.

Pegawai pun langsung memanggil petugas pemadaman kebakaran yang kebetulan tidak jauh dari kantor Dinas Penataan Ruang, saat itu juga satu unit langasung meluncur ke lokasi kejadian untuk memadamkana api.

Beruntung, di kantor tersebut terdapat APAR (Alat Pemadam Api Ringan), sehingga api yang membakar kotak panel listrik itu dapat diatasi, sebelum mobil pemadam digunakan.

Kadis Pemadam Kebakaran Kota Palu, Ramli Usman mengatakan, setelah pihaknya menerima laporan, petugas langsung dikerahkan. Dari pemeriksaan awal, Ramli menduga timbulnya bunga api diakibatkan over kapasitas listrik, sehingg menimbulkan bunga api di kotak panel tersebut.

Pasca peristiwa itu, kedepan Ramli akan menugaskan stafnya untuk mengecek setiap APAR yang ada di setiap kantor, karena keberadaan tabung pemadam itu sangat penting dalam mengantisipasi timbulnya kebakaran.

“Seperti kejadian barusan, kita beruntung ada APAR di kantor itu, sehingga api dapat dijinakan sebelum membesar,” tandasnya.

Kebakaran kotak [enel listrik itu, sempat membuat panik warga yang berada di Kantor Dinas Pencatatan dan Kependudukan yang memang bersebelahan dengan Dinas Penataan Ruang, warga berhamburan keluar kantor begitu mengetahui ada kebakaran. ABS

Harian Mercusuar

View all posts