PALU, MERCUSUAR –  Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, H. Abdullah berharap perempuan dapat berperan sebagai ibu yang cerdas, dan mampu menenempatkan dirinya mendampingi suami dalam bertugas. Perempuan tidak hanya pandai dalam urusan rumah tangga namun juga dapat berperan dalam kepentingan masyarakat.

Demikian disampaikan Kakanwil pada peringatan Hari Ibu ke-89 dirangkaikan dengan  peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-72 Kemenag di aula kanwil, Selasa (9/1/2018). Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenag Sulteng adalah si empunya hajatan.

Menurut Kakanwil, seorang perempuan dalam rumah tangga harus memiliki empat peran penting, yakni sebagai seorang ibu, sebagai istri, sebagai perempuan dan sebagai teman hidup. Bagi Abdullah ini merupakan peran yang berbeda dan perempuan harus dapat menempatkan posisinya dalam peran tersebut.

“Dalam perannya tersebut tidak melampaui peran ayah, harus tetap dalam koridornya, dan dapat saling menghormati,” ujarnya.

Kakanwil juga berpesan agar perempuan, khususnya ibu-ibu Dharma Wanita, dapat menyikapi dengan bijak tantangan zaman sekarang.  “Zaman now ini, tidak apa-apa ikut perkembangan tapi harus tetap menjaga dirinya,” katanya.

“Sekarang ini orang posting bukan lagi untuk yang di rumah, tapi untuk orang-orang yang di luar teman-teman biasanya,” ungkapnya dengan memberi penekanan.

Kakanwil berharap agar prinsip agama tetap dijaga dalam kehidupan keseharian, utamanya dalam penggunaan media sosial. “Perempuan berdaya namun tetap berada di koridor agama masing-masing menggunakan prinsip agamanya dalam kehidupan”, pesannya.

Kakanwil juga berterima kasih atas seluruh partisipasi, kontribusi unsur anggota Dharma Wanita Persatuan  yang telah mendukung pelaksanaan dan suksesnya seluruh kegiatan selama ini.

Acara tersebut diisi dengan talkshow dengan judul ibu pemeran utama dalam mencegah Narkoba dan pornografi yang dibahas oleh dua narasumber.  Hj. Syarifah Sakinah selaku Sekjen Wanita Islam Alkhairaat  membahas peran dari aspek sosial dan agama. Sedangkan dr. Rizqa M.Kes selaku narasumber lain membahas dari sisi hukum dan kesehatan.

Kiprah Dharma Wanita Persatuan Kanwil sepanjang tahun 2017 ini telah banyak memberikan kontribusi positif, di antaranya  pembinaan rutin bagi anggota Dharma Wanita, pendidikan anti korupsi dalam sosialisasi SPAK (saya perempuan anti korupsi) di beberapa madrasah, Anjangsana di Panti Asuhan di Dolo dan  Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kawatuna Palu. UTM/DAR

Resti Ananda Putri

View all posts