TOLITOLI, MERCUSUAR– Ratusan kepala desa (kades) di Kabupaten Tolitoli menghadiri dialog yang dilaksanakan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Tolitoli, pekan lalu.

Dialog bertema “Bersama Menjaga Netralitas Pemerintah Desa Dalam Pelaksanaan Tahapan Pemilu 2019” tersebut, selain dihadiri para kades, juga dihadiri para lurah, camat, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMPD) Tolitoli, serta perwakilan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Tolitoli.

Ketua Panwaslu Tolitoli, Fajar Sadik mengatakan, dialog tersebut adalah salah satu upaya pencegahan dan pengawasan Panwas, dalam rangka menjaga netralitas pemerintah desa di Tolitoli.

“Kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya edukasi untuk memberikan pencerahan kepada para kades, tentang urgensi pengawasan pemilu, serta netralitas pemerintah desa dalam memberikan layanan publik di desa,” kata Fajar

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber mantan Ketua Panwaslu Sulteng, Kasman Jaya, yang saat ini menjabat sebagai salah satu Komisioner Bawaslu Sulteng.

Fajar berharap, dengan kegiatan ini, para kepala desa sedini mungkin dapat menjadi bagian dari mitra panwas untuk mengawasi tahapan pemilu di desa. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mencegah penggunaan sumber daya pemerintah desa, untuk mobilisasi politik peserta pemilu 2019.

Hal senada juga diutarakan Kepala DPMD Tolitoli, Moh Zikron. Dirinya berharap agar seluruh kades di Kabupaten Tolitoli bisa menjaga netralitasnya pada saat Pemilu mendatang. MRZ

 

Harian Mercusuar

View all posts