SIGI, MERCUSUAR – Kepala Desa (kades) yang baru saja dilantik dipesan agar dapat bersinergi dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat dalam membangun desa masing-masing.

Demikian dikatakan Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta, Selasa (21/6/2016) saat peresmian dan pengambilan sumpah pelantikan kades di halaman kantor Bupati Sigi. Menurutnya pilkades merupakan salah satu proses demokrasi di tingkat desa.

Katanya, amanah dan kepercayaan yang telah diberikan kepada Kepala Desa, agar dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Dalam menjalankan tugas dengan tetap menjaga, serta membangun kebersamaan antara sesama aparat Pemerintah Desa (Pemdes) dengan BPD. Hal ini juga harus dilakukan secara bersinergi dengan BPD guna terciptanya hubungan kemitraan yang harmonis,” jelasnya.

Kata dia, kami ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada  BPMPD atas terlaksananya peresmian dan pengambilan sumpah kepada Kepala Desa yang baru saja dilaksanakan.

Kepada saudara-saudara yang baru saja dilantik dapat melaksanakan tugas dan amanah yang telah diberikan oleh masyarakat, membangun kebersamaan guna terciptanya kesejahteraan masyarakat desa.

Kerjasama tersebut dalam bentuk memberikan pelayanan sesuai dengan tugasnya masing-masing, serta dapat melaksanakan kewajiban sebagaimana yang dimanatkan dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, dalam UU tersebut menjelaskan bahwa fungsi Pemdes adalah membuat rancangan Peraturan Desa (Perdes) bersama BPD. Kades dapat memisahkan antara tugas pemerintahan dengan politik.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Sigi Nahon mengatakan Kepala Desa yang baru dilantik agar menjalankan tugas dengan baik, serta melakukan serah terima jabatan kepada kades terdahulu atau pejabat kades.

“Dari 95 Kepala Desa yang dilantik, dua orang diantaranya adalah perempuan yakni Kepala Desa Bobo Kecamatan Dolo Barat  Kartika Mahanae dan Kades Winatu Kecamatan Kulawi Erce Poku,”tutupnya. AJI