SIGI, MERCUSUAR – Jembatan yang menghubungkan Desa Langaleso, Kecamatan Dolo dan Desa Jono Oge, Kecamatan Sigi Biromaru runtuh akibat banjir yang merusak pondasi jembatan pada Selasa (8/8/2017) sekitar pukul 18.45 Wita.

Beruntung, saat jembatan runtuh tidak ada pengendara yang melintas sehingga tidak ada korban jiwa.   Kepala Desa Langaleso, Nurlin yang ditemui Mercusuar,  Rabu (9/8/2017), mengatakan  untuk sementara kendaraan roda empat tidak bisa lewat. Jika pengguna roda empat ingin ke Biromaru, mereka harus memutar lewat Desa Kalukubula atau melalui Desa Potoya.

“Kondisi jembatan saat ini masih rusak. Kalau untuk sepeda motor bisa lewat, akan tetapi pengendara harus lebih berhati-hati mengingat pondasi bawah jembatan sudah retak,” jelas Nurlin.

Kata dia, jembatan ini merupakan akses yang paling dekat dari masyarakat Kecamatan Dolo, khususnya di Desa Langaleso dan Kotarindau untuk menuju DPRD Kabupaten Sigi dan wilayah Kecamatan Sigi Biromaru. Pihaknya pun berharap Pemerintah Kabupaten Sigi segera memperbaiki dan membangun kembali jembatan yang runtuh tersebut.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Sigi, Moh Rizal Intjenae mengatakan, Pemkab Sigi melalui instansi terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk sesegera mungkin melakukan tanggap darurat.  Jika jembatan itu tidak segera diperbaiki atau dibangun kembali, maka hal tersebut akan mengganggu perekonomian masyarakat di kedua desa. AJI

Harian Mercusuar

View all posts