PALU, MERCUSUAR –  Kejurnas Dayung antar PPLP/PPLPD/SKO  se -Indonesia  yang akan  digelar mulai Rabu 23 Agustus 2017 mendatang   sudah semakin dekat. Sejumlah persiapan  dilakukan panitia pelaksana, termasuk kesiapan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palu.

Kapten  Laut Haerul Azis  yang  mewakili Danlanal Palu mengungkap pihaknya sudah siap mengawal kegiatan yang akan dihadiri sebanyak 300 peserta dari 33 provinsi.

“Sejak timnya Dispora menghubungi  kami sejak saat itu kami siap. Tim Lanal tidak hanya bertugas sebagai tim pengamanan laut saja, ada  juga kesehatannya , perlengkapan dan tranportasi. Itu semua artinya sudah menunjukkan Lanal juga membantu sektor lainnya dan akan bekerja dengan semaksimal mungkin,”  terang Haerul Azis usai rapat dengan seluruh panitia di rumah panggung jalan Teluk Tomini Kelurahan Lolu Utara Palu belum lama ini.

Venue Kejurnas Dayung yang berada  di sepanjang pantai Teluk Palu  telah ditetapkan PB PODSI menjadi ajang lomba.  Oleh karena itu Haerul Azis  dkk dari Lanal Palu berusaha memberikan rasa aman kepeda seluruh peserta  dari gangguan  hewan laut, termasuk buaya yang sering muncul kepermukaan.

“Kalau berbicara kendala  di laut saat ini tentunya  tak lepas dari kerawanan di laut dalam hal ini disekitar  muara sungai masih terdapat buaya yang termasuk kategori hewan buas, dan itu yang  harus kita antisipasi dan membicarakannya dengan PB PODSI karena ini baru even pertama makanya kita harus koordinasi bagaimana pengamanannya kalau (buaya) terlihat sebelum  dan sedang lomba, bagaimana aturannya,”katanya.

“Pokoknya Lanal sudah (siap) 99 persen dan kita tinggal menunggu hari H saja. Karena ini even besar maka komandan Lanal juga mengikutkan satuan samping seperti Polair dan Basarnas untuk mendukung,” ujar Haerul Aziz mengakhiri. CLG

Harian Mercusuar

View all posts