SIGI, MERCUSUAR – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Proklamasi Kemerdekaan RI, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Sigi mengintensifkan berlatih. Kini, persiapan mereka telah mencapai 80 persen.

Komandan Latihan (Danlat) Paskibraka Sigi, Lisdayanti mengatakan saat ini para calon paskibraka (capas) 2017 telah berlatih dengan unsur TNI dan Polri guna memantapkan formasi. “Mulai tahun ini, kami telah paten menggunakan formasi berstandar nasional. Jadi ini perdana bagi kami, sehingga latihan pun lebih intensif,” ungkap Lisda ditemui Mercusuar di halaman kantor Bupati Sigi, Jumat (4/8/2017).

Dalam hal penentuan posisi strategis, seperti pembawa baki, komandan pleton (danton) serta komandan regu (danregu), ia mengaku para pelatih memberi kesempatan yang sama kepada seluruh capas.

“Jadi untuk capas putri, semua kami beri kesempatan untuk berlatih sebagai pembawa baki. Begitu pula capas putra dimana mereka semua sebelumnya juga kami beri kesempatan menjadi danton dan danregu. Tapi tentu yang terbaiklah yang kami pilih,” jelasnya.

Menurutnya, kini telah terpilih dua capas putri calon pembawa baki dan dua capas putra untuk masing-masing danton serta danregu. Lisda berpesan kepada seluruh capas agar tetap semangat berlatih dengan target mampu tampil sukses dan lebih baik dari Paskibraka Sigi tahun lalu.

Diketahui, jumlah Capas Sigi 2017 adalah 42 orang, masing-masing 21 capas putra dan 21 capas putri. Dari total 15 kecamatan se Kabupaten Sigi, hanya tiga kecamatan yang tidak ada perwakilannya yaitu Marawola Barat, Lindu dan Pipikoro karena belum ada SMA sederajat di sana. BAH

 

Harian Mercusuar

View all posts