PDAM Harus Responsif Untuk Tingkatkan Pelayanan

POSO, MERCUSUAR – Jabatan Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Poso berganti dari pejabat lama, Munawir kepada pejabat baru Isnain T Hi Karim. Acara serah terima jabatan sekaligus penandatanganan naskah serah terima dilakukan di halaman Kantor PDAM Poso, disaksikan langsung Wakil Bupati Poso, Samsuri, Jumat (5/1/2017).

Bupati Poso, Darmin Sigilipu, dalam sambutan tertulis yang disampaikan Wabup, Samsuri menyampaikan, dengan dipilihnya direktur PDAM Poso yang baru, diharapkan dapat meningkatkan kinerja PDAM Kabupaten Poso.

“Karena PDAM sebagai badan usaha milik daerah, mempunyai peranan penting dan strategis, sehingga dalam pengelolaan dituntut inovasi dan kreatifitas, serta dapat memberikan pelayanan yang baik dengan mendayagunakan potensi sumber daya yang ada. Sekaligus dapat memberikan konstribusi terhadap peningkatan pendapatan PDAM itu sendiri,” ujar Wabup Samsuri mengutip sambutan tertulis Bupati Poso.

Lebih lanjut disampaikan, pemerintah memahami tugas dan tantangan PDAM Poso kedepan semakin kompleks, dengan melihat dan mendengar berbagai masukan bahkan kritikan dari masyarakat yang menginginkan pelayanan yang terbaik yang harus dilaksanakan PDAM sebagai satu-satunya perusahaan penyuplai air minum bersih kepada masyarakat.

“Ini merupakan tantangan yang harus mampu dijawab dengan bukti nyata kesungguhan pihak PDAM memperbaiki kinerja sesuai SOP yang ada serta standar pelayanan mutu yang terbaik, agar masyarakat puas menjadi pelanggan,” imbuh Samsuri.

Selain itu Samsuri juga menekankan bahwa setiap masukan bahkan kritikan dari masyarakat tentunya harus cepat direspon dengan langkah-langkah turun langsung ke lapangan.

“Jangan hanya menunggu laporan dari bawahan untuk memastikan fakta sebenarnya di lapangan. PDAM harus responsif menindaklanjuti laporan masyarakat untuk meningkatkan pelayanan. Dan yang terpenting sosialisasi dan pemberitahuan kepada masyarakat. Sehingga seluruh pelanggan dapat memahami dan mengerti jika ada perbaikan sementara galian pipa serta kendala teknis lainnya yang bisa menggangu distribusi air ke pelanggan,” pesan Samsuri.

Acara serah terima jabatan Direktur PDAM Poso juga diwarnai dengan penyerahan cindera mata dari keluarga besar Dharma Wanita Persatuan PDAM Kabupaten Poso yang diserahkan langsung oleh Ny. Hj Endang Isnain kepada Ketua Dharma Wanita Persatuan PDAM Kabupaten Poso yang lama Ny. Hj Betsi Kabilaha. ULY

Resti Ananda Putri

View all posts