MOROWALI, MERCUSUAR – Hujan deras yang mengguyur wilayah Bungku mengakibatkan banjir di 9 RT yang tersebar dibeberapa desa dan kelurahan di Kecamatan Bungku Tengah, Selasa (17/01/2017) dini hari.

Sebagian masyarakat tidak menyadari datangnya banjir karena sedang tertidur pulas, sebab bencana tersebut terjadi sekitar pukul 01.00 WITA. Drainase yang tidak berjalan optimal sesuai fungsinya menjadi faktor penyebab utama.

Salah satu warga Kelurahan Bungi mengaku terkejut dengan bencana banjir tesebut, kerena saat ia tertidur belum ada hujan dan tidak ada tanda-tanda akan terjadi banjir.

“Tadi malam saya lagi tertidur nyenyak, tiba-tiba ada seorang tetangga yang mengetuk pintu tengah malam, ketika saya bangun saya kaget ternyata di dalam rumah sudah tergenang air, barang-barang sudah terendam, termasuk dokumen penting seperti ijazah dan lainnya” katanya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Yosar Kardiat yang dikonfirmasi via BlackBerry Messenger (BBM) langsung menanggapi hal tersebut dengan menurunkan tim untuk melakukan pendataan ke daerah yang terkena banjir.

“Banjir yang terjadi di 9 RT tadi malam dikarenakan drainase disekitar rumah tersebut tidak berjalan sesuai fungsinya, terdapat tumpukan sampah dan kayu dari masyarakat” ungkapnya.

Ditambahkannya, pihak BPBD akan bekerja sama dengan Dinas PU untuk segera melakukan perbaikan dan normalisasi sungai.

“Dihimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan dan membantu Pemda dalam rangka pembersihan drainase” tandasnya.BBG.

Komentar

komentar