SEKRETARIS Provinsi Sulawesi Tengah, Hidayat Lamakarate dilantik oleh Sekjen Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, dr Ritola Ismaya MPH, sebagai Ketua PMI Sulteng periode 2017-2022. Pelantikan bersamaan dengan Dewan Kehormatan PMI Sulteng di Hotel The Sya Regency Palu, Kamis (21/12/2017).

Gubernur Sulteng, Longki Djanggola di acara pelantikan itu mengatakan, memang menunjuk pejabat publik untuk duduk dalam kepengurusan PMI, tentu disertai harapan memperoleh kemudahan-kemudahan. Tetapi hal itu belum tentu berhasil kalau tidak ada komitmen.

Menurut Longki, di tengah era demokratis menuntut masyarakat untuk berpartisipasi. Karenanya pengurus PMI yang baru dilantik harus mampu bertindak cepat, tanggap, inspiratif, fleksibel, mampu beradaptasi, mampu berinovasi, terfokus pada masyarakat dan menyadari kualitas diri.

Hal itu diperlukan agar PMI Sulteng bisa tetap eksis dan tidak tenggelam ditelan waktu sampai berakhir masa jabatan.

Karenanya, langkah-langkah pembenahan kelembagaan, pengembangan, atau bahkan perubahan kultur organisasi  harus dilakukan agar PMI tetap bertahan. Selain itu menjunjung tinggi keterbukaan, semakin menghargai nilai profesionalitas untuk menuju pengelolaan organisasi yang lebih baik.

Longki juga menyebutkan, PMI memiliki peran penting dalam mendukung upaya perwujudan perubahan dan keamanan bagi masyarakat, terutama dalam keadaan terjadi bencana.

Ia berharap, Dewan Kehormatan dan pengurus PMI Sulteng mampu menggali atau mengidentifikasi potensi serta memberdayakannya dalam program penggalangan dana. Sehingga, kegiatan-kegiatan PMI di bidang kemanusiaan dapat berjalan dengan baik.

“Utamanya kepada masing-masing pemerintah daerah dalam bentuk dana hibah dari APBD. Karena hal ini dibenarkan oleh aturan perundang-undangan,” kata Longki.

Ia mengingatkan, sebaik apapun aturan yang ada, apabila pola pikir pengurus PMI dari tingkat pengurus hingga sukarelawan tidak dibenahi, niscaya tidak akan terjadi peningkatan kinerja PMI di masa mendatang.

“Namun saya percaya dan yakin, pengurus PMI Sulteng yang baru ini mampu melaksanakan tugas dengan baik. Karena tugas pengurus PMI provinsi adalah mendorong terbentuknya PMI kabupaten/kota untuk mendukung tujuh prinsip dasar gerakan internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah,” kata Longki.MAN

Resti Ananda Putri

View all posts