MERCUSUAR – Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Sulteng akan menggelar Musyawarah Provinsi (Musprov)  hari ini , Sabtu (25/2/2017).

Musprov yang akan dilaksanakan di Palu Golden Hotel akan membahas beberapa agenda, salah satunya yakni pemilihan ketua umum baru.

Ketua Perbasi saat ini, Amjad Lawasa kemungkinan besar  akan kembali menahkodai Perbasi Sulteng. Namun hal itu harus mendapat  dukungan  dari seluruh pengurus kabupaten/kota.  Dalam Musprov nanti Banggai Laut, Morowai Utara, Sigi dan Palu hanya sebatas peninjau termasuk  Bapopsi, Bapomi, OSIS SMA/ sederajat dan SMP. Kehadiran organisasi tersebut karena dedikasi dan sumbangan mereka yang telah melaksanakan beberapa kegiatan di tingkat pelajar

Sekaitan dengan Musprov, Ketua Harian Perbasi Sulteng, Damin Said menyebut prestasi Basket Sulawesi Tengah dalam kurun empat tahun  belakangan di periodisasi kepengurusan saat ini  belum menunjukkan prestasi terbaik. Meski demikian Sekretaris Dispora Kabupaten Donggala itu mengklaim di tingkat pelajar, Basket Sulteng telah berhasil melakukan pembinaan dengan sukses menjadi juara dua POPWIL  di Manado dan berlanjut  tiga besar  di pra PON.

“Saya tidak mengatakan kita gagal dalam pembinaan dalam periode kepengurusan saat ini. Buktinya  di tingkat pelajar kita masih bisa berbicara di wilayah timur. Kalau kita gagal lolos ke PON, saya kira itu karena kurangnya persiapan di banding daerah lain,”ujar Damin.

Mantan Camat Banawa Tengah ini mengharapkan pada empat tahun kedepan pemerintah provinsi   sudah membangun gedung olahraga baru yang bertaraf nasional bahkan berstandar internasional untuk digunakan latihan saat persiapan menghadapi beberapa even nasional. “Tantangan kedepan belum adanya sarana gedung olahraga , dan diupayakan sebisa mungkin dan mudah-mudahan kedepannya akan dapat terealisasi. Dan saya berharap pemerintah sudah harus membangun gedung olahraga sehingga kedepannya persiapan yang berkaitan dengan pembinanan akan lebih maksimal lagi. Karena kegagalan lolos ke PON lalu bukan karena kita  kalah kualitas, hanya karena lambat persiapan  saja. Mau  latihan di mana lapangan indoor saja tidak ada,” terangnya.

Terkait dengan kepengurusan baru mendatang, Damin mengharapkan koordinasi antar pengurus kabupaten /kota dan provinsi yang terkait dengan pembinaan  harus berjalan .

“Pembinaan usia muda menurut saya sudah berjalan baik yang terbukti banyak kompetisi usia  muda, ada  sekitar tujuh sampai delapan kali dalam setahun. Saat ini sedang berlangsung kejuaraan Karunadipa dan Insha Allah bulan Maret akan ada  juga turnamen Moreta Basket Ball.  CLG

Harian Mercusuar

View all posts