TONDO, MERCUSUAR – Hari ini, Jumat (25/8/2017), Himpunan Mahasiwa Pendidikan Sejarah (HIMSA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako (Untad), menggelar seminar nasional dan bedah buku. Seminar nasional dan bedah buku yang akan dihelat di Ruang Senat Lama Untad ini, terselenggara atas kerjasama HIMSA dengan Ikatan Himpunan Mahasiswa Sejarah se-Indonesia (IKAHIMSI) dan FKIP Untad.

Seminar nasional dan bedah buku ini akan mengangkat tema “Membumikan Sejarah Lokal Sebagai Bagian Sejarah Nusantara”. Seminar dan bedah buku ini akan menghadirkan sejumlah pembicara, seperti Dewan Penasehat The Indonesia Institute, Indra J Piliang, yang juga merupakan mantan Sekretaris Jenderal IKAHIMSI periode 1995-1997, Guru Besar Sejarah Sosial Masyarakat Untad, Prof Dr Juraid, M.Hum, Dekan FKIP Untad, Dr Lukman, M.Hum, serta Direktur Yayasan Tanah Merdeka (YTM), Arianto Sangadji.

Ketua HIMSA FKIP Untad, Restat H Pelu, Kamis (24/8/2017) mengatakan, tema yang diangkat tersebut, merupakan pernyataan sikap sekaligus bagian dari upaya HIMSA untuk membumikan sejarah lokal, khususnya sejarah lokal Sulawesi Tengah (Sulteng), sebagai bagian dari khasanah sejarah nusantara.

Melalui tema ini pihaknya mengharapkan, perhatian mahasiswa pendidikan sejarah terhadap khasanah sejarah lokal, dapat lebih ditingkatkan, terutama dalam mendukung visi Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Untad, yaitu unggul dalam penelitian dan pengembangan sejarah lokal di Sulteng.

“Untuk itu, dalam bedah buku tersebut, pihak panitia mencoba menghadirkan buku yang berbicara tentang khasanah lokal Sulteng seperti The Will To Improve karya Tania Murray Li serta buku Donggala: Satu Kota Empat Zaman, karya Dr Lukman, M. Hum,” jelasnya.

Lanjut Restat, kegiatan ini selain dihadiri oleh para peserta dari kalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Untad dan kalangan umum, juga dihadiri oleh delegasi mahasiswa sejarah dari sejumlah universitas di Indonesia, di antaranya, Universitas Haluoleo, UIN Ar Raniry Banda Aceh, serta UNM Makassar. JEF

Harian Mercusuar

View all posts