MOROWALI, MERCUSUAR– Sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional modern Bungku dan pasar mingguan Bente mulai mengalami pasang surut harga, bahkan ada beberapa di antaranya  sudah melonjak naik.

Salah seorang pedagang di pasar tradisional modern Bungku mengatakan bahwa penyebab pasang surutnya harga juga tidak diketahui pasti oleh pedagang.

“Harga tomat sampai saat ini belum stabil, kalau mengikuti normalnya, perkilo biasanya Rp12.000,  tapi sekarang ini turun menjadi Rp10.000,  bahkan harganya anjlok sampai level Rp8.000 per kilogramnya” ungkap Eka yang tengah mengatur dagangannya.

Dikatakan Eka, pasang surutnya harga tersebut juga tidak mengurangi animo masyarakat mendatangi pasar untuk berbelanja kebutahan pokok, terlebih lagi saat ini sebagian besar masyarakat masih menjalankan ibadah puasa.

Sementara di pasar mingguan Bente, terjadi lonjakan harga untuk telur ayam ras, di mana sepekan sebelumnya masih berkisar Rp36.000, per raknya, kini naik menjadi Rp41.000, per rak.
Bawang merah malah mengalami penurunan yang lumayan drastis, yakni dari Rp45.000, per kilogram, menjadi Rp 30.000, per kilogramnya. Turunnya harga bawang merah membuat para pembeli sedikit gembira meskipun harga bawang putih masih bertahan di level Rp50.000, per kilogram.

“Alhamdulillah turun juga harga bawang merah, mudah-mudahan saja masih bisa tetap begini sampai dekat lebaran, supaya kami pembeli tidak terlalu banyak pengeluaran untuk membeli keperluan bumbu dapur,” kata salah seorang pembeli di pasar mingguan Bente, Selasa (14/06/2016).BBG.

Komentar

komentar