PALU, MERCUSUAR – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMP Kota Palu memberikan pelatihan kepada 40 guru. Pelatihan tersebut  juga sengaja digelar untuk memenuhi standar nasional 7,0 pada Uji Kompetensi Guru (UKG).

Kegiatan tersebut berasal dari pemerintah pusat melalui  Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK). Tentunya seluruh peserta yang mengikuti pelatihan merupakan hasil dari seleksi P4TK yang diambil dari pelaksanaan UKG tahun sebelumnya. Maka itu dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan para guru Matematika SMP di Kota Palu bisa lebih meningkatkan kualitasnya sesuai dengan standar nasional yang telah diberikan.

Ketau MGMP Matematika SMP Kota Palu, Hadi mengatakan pelatihan ini dilaksanakan sebagai persiapan para guru dalam meningkatkan kualitasnya sesuai dengan standar nasional. “Nantinya para guru tidak  hanya akan mendapatkan berbagai materi pada pelatihan ini tetapi mereka juga diberikan kesempatan untuk menerapkan pelatihan di kelas. Setelah itu mereka akan kembali untuk mempersentasekan hasil pelatihannya. Terakhir mereka akan mengikuti tes secara online untuk mengetahuai apakah mereka lulus atau tidak, jika tidak mereka akan kembali mengikuti pelatihan pada tahab selanjutnya,” katanya, Minggu (15/10/2017).

Sebelum ada kenaikan target dari nasional rata-rata guru matematika di Kota Palu telah lulus pada pelaksanaan UKG. Dengan adanya peningkatan maka para guru ini akan kembali mengikuti pelatihan untuk menyesuaikan dengan target tersebut. Maka itu pelatihan tersebut diisi oleh pemateri dari Pejabat Dinas Pendidikan Kota Palu dan Istruktur Nasional yang telah dinyatakan lulus oleh P4TK.

“Dengan adanya pelatihan ini sangat banyak memberikan manfaat kepada seluruh guru matematika SMP di Kota Palu. Sebab pelatihan ini berjalan cukup lama karena dilaksanakan dari 14 hingga 28 Oktober 2017. Maka diharapkan agar seluruh guru yang mengikuti pelatihan bisa lulus sesuai dengan target nasional,” terangnya.UTM

Harian Mercusuar

View all posts