PARMOUT, MERCUSUAR – Teluk Tomini bakal heboh dengan iven pariwisata lagi.  Bulan depan, tepatnya 1 – 9 April 2017 akan ada Festival Pesona Teluk Tomini 2017.  “Teluk Tomini adalah surga bari turis Eropa. Yang mau ikutan menyimak atraksi budaya dan keindahan alam seperti turis Eropa, silakan ke Parigi Poutong. Ada Festival Pesona Teluk Tomini yang bisa dinikmati,” ucap Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusatara pada Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti. Informasi ini dibagikan Kepala Dinas Pariwisata Sulteng, Ardiansyah Lamasitudju, Minggu (19/3/2017).

Lantaran konsumennya mayoritas turis Eropa, strategi pemasarannya pun ikut disesuaikan dengan iklim liburan Eropa. Mulai tahun ini, iven istimewa itu tak lagi digelar di bulan Oktober. Waktu yang dilipih justru 1-9 April 2017. “Sekarang pemasaran Nusantara tak boleh hanya memikirkan Nusantara saja. Pola pikir dan strateginya harus menyasar mancanegara juga. Itu sebabnya Festival Teluk Tomini 2017 kami geser ke April. Ini adalah masa liburan di wilayah Eropa jadi bisa sekalian dipasarkan ke sana,” tambah Esthy.

Beragam kegiatan budaya keren bisa dinikmati. Dari mulai lomba karnaval dan busana tradisional dari berbagai wilayah di Parigi Moutong, pameran makanan tradisional, hingga lomba makanan khas daerah, semua bisa dinikmati. Di bahari, ada lomba perahu layar tradisional  plus kemeriahan sport tourism berupa bersepeda, lari, dan renang.

“Ini sekaligus menjadi momentum untuk mengangkat citra wisata bahari Tomini sebagai tujuan wisata kelas dunia,” ungkapnya.

Secara atraksi, Teluk Tomini termasuk salah satu destinasi bahari yang dilirik dunia. Di lokasi ini terdapat 1.031 hektare (ha) kawasan terumbu karang dan 785,10 ha hutan mangrove. Dan saat ini, teluk seluas 6 juta ha itu sedang didorong menjadi kawasan wisata laut terbesar di dunia. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengakui, Parigi Moutong punya keindahan yang sulit ditandingi destinasi manapun. Kontur pegunungan, pesisir pantai, dan laut beserta semua isinya, sudah masuk radar wisata kelas dunia. “Teluk Tomini adalah surga bagi para penyelam, karena posisi geografis Teluk Tomini itu sendiri yang dilintasi garis khatulistiwa. Titik penyelamannya ratusan  dan semuanya world class. Dari mulai terumbu jenis apollo, pinnacle, menara, dan barracuda, ikan warna warni, lumba-lumba, semua ada di sana. Yang penasaran, silakan ke Festival Pesona Teluk Tomini 2017. Silakan selfie dan posting keseruan dengan background panorama keren di sosial media masing-masing,” ucap Menpar Arief Yahya.

Teluk Tomini ini pernah dijadikan ajang Sail Tomini pada 19 September 2015. Saat itu  Presiden Joko Widodo berkesempatan hadir. Lokasinya di Pantai Pangi, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong.  Tema yang diangkat saat itu adalah “Mutiara Khatulistiwa untuk Kehidupan Masa Depan”. DAR

Harian Mercusuar

View all posts