JAKARTA, MERCUSUAR  – Hadir untuk masyarakat Indonesia selama 48 tahun membuat PT Sharp Electronics Indonesia kian mengerti terhadap karakteristik dan kebutuhan pelanggan setianya. Tak hanya mengedepankan teknologi terbaru, dalam menciptakan produk elektronik-nya,  Sharp pun menyesuaikan aspek lainnya seperti kemudahan pemakaian hingga layanan purna jual.

Didukung oleh seluruh komponen tersebut, Sharp berhasil mempertahankan kepuasan pelanggan dengan kembali menyabet penghargaan bergengsi bagi perusahaan  yang meraih prestasi terbaik untuk kepuasan pelanggan yaitu Indonesian Customer Satisfaction Awards (ICSA) 2017. Melalui penghargaan tahunan yang digelar SWA dan Frontier Marketing Research Consultant, Sharp menduduki posisi puncak untuk dua kategori produk berbeda yaitu lemari es dan mesin cuci.

Shigeo Noma selaku Vice President PT Sharp Electronics Indonesia mengungkapkan setelah menerima award, “Kami tidak pernah berhenti untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan purna jual, semua ini kami lakukan untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen setia kami. Kebahagiaan bagi kami jika pelanggan merasa puas dengan apa yang kami berika,” jelasnya.

Terkait dengan layanan purna jual bagi seluruh pelanggan di Indonesia, Sharp telah meresmikan 400 lebih titik servis di seluruh Indonesia. Terhitung tahun 2017, Sharp memiliki 45 unit SHARP Direct Service Station (SDSS) di mana dua diantaranya baru diresmikan pada bulan September lalu, 275 SHARP Authorized Service Station (SASS), 42 SHARP Service Representative (SSR) yang tersebar di seluruh Indonesia, 3 SHARP Service Corner (SSC), 2 SHARP Authorized Representative (SAR),  serta 101 SHARP Authorized Air Conditioner (SAAC).

Tak hanya itu, secara rutin Sharp pun mengelilingi berbagai titik di Indonesia dengan SHARP Mobile Service Station (SMSS) yang kini berjumlah dua unit. Dengan mobil SMSS, Sharp dapat menyentuh pelanggan sampai ke pelosok kota. Pelanggan setia Sharp dapat dengan mudah menyambangi SMSS terdekat untuk melakukan konsultasi penggunaan dan perawatan produk, perbaikan, dan lainnya. Guna memudahkan pelanggan menghubungi tim servis dan memantau titik gerai servis terdekat, Sharp melakukan inovasi dengan menyediakan kebutuhan tersebut dalam satu aplikasi terintegrasi bertajuk SHARP CS yang dapat diunduh melalui Apple Store dan Google Play Store.

Aplikasi yang telah diluncurkan sejak tahun 2014 ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan layanan purna jual dalam sekali sentuh. Hanya dengan menentukan waktu yang diinginkan, dapat dipastikan teknisi Sharp akan hadir untuk memperbaiki produk pelanggan. SHARP CS juga dilengkapi dengan fitur lain seperti pencarian titik servis terdekat dengan teknologi Augmented Reality (AR) , layanan registrasi garansi, hingga live chat dengan CS Officer Sharp yang akan menanggapi segala pertanyaan yang diajukan pelanggan mengenai produk.

Penghargaan reguler ICSA diperoleh melalui survei yang ditujukan kepada 5.700 responden berusia 15 – 65 tahun  di enam kota berbeda diantaranya Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan dua metode yaitu multistage random area sampling dan wawancara face-to-face.  RES/*

Harian Mercusuar

View all posts