SIGI, MERCUSUAR – Dua tersangka pembobol rumah kosong berinisial MR (29) dan ZF (20) berhasil ditangkap Tim Buru Sergap (Buser) Polres Sigi, Jumat (13/10/2017) pekan lalu. Satu dari dua tersangka, MR, dilumpuhkan dengan “timah panas” lantaran mencoba melarikan diri saat dilakukan penangkapan di tanggul Kecamatan Birobuli Utara, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu.

Kasat Reskrim Polres Sigi, Iptu Sigit Suhartanto kepada wartawan, Rabu (18/10/2017) menuturkan kronologis kejadian.  Sekitar pukul 09.00 Wita, Senin (9/10/2017), MR dan ZF berangkat dari rumah kos tempat tinggal mereka di Kelurahan Birobuli Utara berboncengan dengan mengendarai sepeda motor.

Tiba di Jalan Lapatta, Desa Kalukubula, Kecamatan Sigi Biromaru, MR masuk ke dalam rumah dengan mencungkil jendela belakang menggunakan linggis.   Selanjutnya tersangka MR mengambil dua TV ukuran 32 dan 40 inch, satu   PS 3 dan satu  Tab merk Samsung. Tersangka kemudian menjual barang tersebut kepada salah seorang warga Palu yang sampai saat ini masih dalam penyelidikan.

Setelah dilakukan pengembangan dan penyelidikan, tersangka ZF yang merupakan saudara kandung MR disergap di Jalan  Tanjung Santigi, Kota Palu.

Kata dia, dari pengakuan tersangka ZF, kemudian dilakukan penangkapan terhadap tersangka MR di Jalan Tanggul, Birobuli Utara.

Barang bukti yang disita adalah satu unit sepeda motor yang digunakan oleh tersangka beraksi dan satu tangga. Kedua tersangka dikenai pasal 363 ayat (1) ke-4, ke-5 KUHP dengan ancaman maksimal tujuh tahun penjara. Berdasarkan hasil pengembangan Polres Sigi, tersangka MR juga terlibat dalam perkara pencurian di dua tempat kejadian perkara di kompleks BTN Kelapa Gading Desa Kalukubula. AJI

Harian Mercusuar

View all posts