MOROWALI, MERCUSUAR– Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Morowali mengganti secara sepihak  calon pasukan pengibar sang saka Merah Putih (paskibraka) yang mewakili Morowali ke Provinsi Sulteng, yakni Andi Resa Fadila.

Sebagaimana surat yang dikirim Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Morowali ke Disporabudpar Kabupaten Morowali  Nomor :002/PPI-MRW/IV/2016, PPI yang ditandatangani oleh Ketuanya, Hendra Victoria Marunduh telah melampirkan 2 nama perwakilan Paskibraka Morowali yang akan mewakili ke tingkat Provinsi Sulawesi Tengah.

Dua nama tersebut adalah, dari putra atas nama Moh Fikri Alfatan, asal sekolah SMAN I Bumi Raya dan peserta putri atas nama Andi Resa Fadila dari SMAN II Bungku. Anehnya, Andi Resa Fadila diganti secara sepihak oleh pihak Dinsporrabudpar tanpa melalui konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak PPI, dimana dalam hal ini adalah organisasi yang lebih memiliki kewenangan menangani Paskibraka.

Bahkan yang menggantikan Andi Resa Fadila tidak tercantum dalam 35 nama hasil seleksi PPI di sejumlah sekolah tiap kecamatan.

Kepala Sekolah SMAN II Bungku, Siti Rabiah Laonu mengaku keberatan dengan tindakan pihak Disporabudpar yang melakukan pergantian tersebut terhadap siswanya, padahal yang bersangkutan hanyalah orang biasa dan bukan anak pejabat yang telah berkorban biaya guna mempersiapakan keberangkatannya ke Kota Palu.

“Kasian siswi saya Pak, padahal dia ini hanya anak dari orang biasa yang sudah membeli perlengkapan untuk persiapan ke Palu, tapi kok malah diganti tanpa ada pemberitahuan dari Disporabudpar” tutur Siti Rabiah.

Sementara, Ketua PPI Morowali, Hendra Victoria Marunduh yang dikonfirmasi Kamis (20/07/2016) membenarkan adanya pergantian sepihak oleh Dinsporabudpar dan menyatakan keberatannya atas tindakan tersebut.

Ia menuturkan, jika akan ada pergantian, seharusnya ada konfirmasi kepada PPI dan paling tidak penggantinya diambil dari 35 nama yang telah ditetapkan sebagai calon Paskibraka Morowali hasil seleksi tahap II bulan April lalu sesuai dengan lampiran surat yang ditujukan kepada Disporabudpar.

“Seharusnya kalau ada pergantian, ya cobalah kami diberitahu juga, dan ambillah dari 35 nama yang sudah diseleksi dari tiap sekolah di berbagai kecamatan, tapi ini malah diambil diluar dari nama yang telah diseleksi,” ujarnya.

Sementara, Kepala Bidang Pemuda Disporabudpar yang akan dikonfirmasi belum dapat ditemui karena tidak berada di tempat.BBG.

Bambang

View all posts