DONGGALA, MERCUSUAR – Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Uwe Lino, Kabupaten Donggala, Arifin Abd Rahman akhirnya diberhentikan dari jabatannya. Hal itu menyusul demonstrasi yang beberapa kali dilakukan oleh karyawan PDAM.

“Surat Keputusan (SK) pemberhentian Dirut PDAM Donggala sudah kami antar,” kata Wakil Bupati Donggala Vera Elena Laruni, Sabtu (27/5/2017).

Demo karyawan PDAM Donggala dilaksanakan terakhir pada Jumat (26/5/2017) di Kantor PDAM Donggala, Jalan I Gusti Ngurah Rai, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu. Mereka mendesak bupati untuk memberhentikan Dirut PDAM.

“Saya sudah sampaikan ke bupati, tidak bisa lagi dipertimbangkan (mempertahankan Arifin), karena sangat memalukan,” kata orang nomor dua di Donggala ini.

Kata Vera, sudah lebih dua per tiga karyawan PNS dan honorer minta Arifin digantikan, dengan alasan yang sangat kuat. Arifin diduga banyak melakukan kesalahan dalam menjalankan tugas, salah satunya adalah arogansi terhadap karyawan, gaji sejumlah karyawan juga tidak dibayarkan dan sejumlah permasalahan lainnya.

Bahkan menurut karyawan PDAM, gaji 13 mereka terancam tidak dibayarkan oleh Arifin. Akibatnya, ratusan warga Palu tidak mendapat pasokan air bersih akibat mogoknya karyawan PDAM Donggala itu.

Direncanakan, Senin (29/5/2017), Inspektorat akan melakukan audit keuangan PDAM, yang duduga diselewengkan oleh Dirut PDAM Donggala, Arifin Abd Rahman.

“Saya sudah perintahkan untuk audit,” tambah Vera.

Vera mengatakan, dia sebagai pengawas SKPD di Donggala, akan mengawal proses itu. Jika ditemukan ada pelanggaran hukum yang dilakukan oleh Arifin, maka dia akan menyeretnya ke ranah hukum sesuai aturan.

Demo yang dilakukan oleh karyawan PDAM Donggala itu sudah tiga kali dilakukan dalam dua pekan, hingga berlangsung hearing oleh DPRD Donggala. Arifin saat di hearing di DPRD bahkan sempat berlinang air mata.

“Saya bukan orang yang sempurna. Banyak salah yang saya lakukan saya minta maaf,” ujar Arifin sambil menangis di depan anggota DPRD Donggala. TUR

Harian Mercusuar

View all posts