PARMOUT, MERCUSUAR – Satuan karya kepramukaan Saka Bhakti Husada (SBH) Kabupaten Parigi Moutong yang dinaungi oleh Dinas Kesehatan dibentuk, Senin (23/10/2017) kemarin.

Selain pembentukan Saka Bhakti Husada, Dinas Kesehatan bersama Kwartir Cabang (Kwarcab) juga melantik kepengurusan yang baru untuk periode 2017-2022. Dari kepengurusan tingkat kabupaten hingga kecamatan yang melibatkan seluruh kepala puskesmas di 23 kecamatan.

Ketua SBH Parmout, Idham menjelaskan, tujuan pembentukan SBH untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan, yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota dan masyarakat di lingkungannya.

Bahkan menurutnya, SBH juga berperan sebagai pelopor hidup sehat bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat dan hal ini sejalan dengan tujuan pembangunan kesehatan, yakni meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan untuk memelihara serta meningkatkan derajat kesehatan yang optimal.

Ditambahkannya, kesehatan merupakan hak fundamental bagi setiap manusia. Oleh karena itu, sudah menjadi tanggung jawab semua pihak, agar hak ini dapat diperoleh semua rakyat tanpa terkecuali.

Sementara itu dalam masyarakat terdapat berbagai potensi yang dapat mendukung keberhasilan program program kesehatan dan kelompok masyarakat yang paling potensial dalam pembangunan kesehatan adalah usia remaja.

“Karena mereka mampu menerima dan mengolah informasi dengan cepat dan tanggap serta mudah mengembangkan keterampilan,” tandasnya.

Pihaknya juga mengaku setelah itu juga akan dilakukan rekrutmen anggota SBH, yang pesertanya akan diambil dari anak usia penegak atau yang duduk di bangku sekolah Menengah Atas (SMA).

Sementara itu untuk kepengurusan periode 2017-2022 dikukuhkan oleh Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai. Dalam sambutannya, Badrun berharap dengan terbentuknya SBH, dapat memberikan pemahaman tentang kesehatan kepada masyarakat dan berguna untuk membantu setiap program promosi kesehatan di Dinas Kesehatan, khususnya dalam memberikan sosialisasi pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat. TIA

Harian Mercusuar

View all posts