PALU, MERCUSUAR – Profil Pendidikan Kabupaten dan Kota merupakan keniscayaan sebagai landasan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi upaya peningkatan 6 pembangunan pendidikan.

Inilah yang mendasari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk menggelar pelatihan untuk menyusun Profil Kabupaten dan Kota tahun 2016 di Provinsi Sulteng,  Senin malam (6/12/2016) di Palu Golden Hotel. Pelatihan dibuka oleh Kepala Dinas  Dikbud Sulteng, Ardiansyah Lamasitudju.

Kepala Dinas Dikbud Sulteng, Ardiansyah Lamasitudju mengatakan kegiatan pelatihan merupakan wujud komitmen Dinas Pendidikan Sulteng untuk meningkatkan data pendidikan.

“Melalui data dan informasi pendidikan yang akurat diharapkan menjadi alat untuk menghadapi kendala dan tantangan pendidikan khususnya di Sulteng, sebab data saja salah susun kita bisa rugi seperti tahun lalu kita mempunyai kerugian hingga Rp200 miliar, makanya jangan main – main dalam pengumpulan data karena data itu yang disesuaikan untuk melakukan penganggaran, kalo hanya Rp20 juta kerugian masih bisa carikan ini sampai miliaran,” tegas Ardiansyah dalam membuka pelatihan penyusunan profil pendidikan di Sulteng.

Ditambahkan  Ardiansyah, pelatihan juga ditujukan untuk menegaskan komitmen meningkatkan kapasitas operator data pendidikan sekaligus upaya peningkatan kualitas pendataan.

Pelatihan berlangsung selama dua hari 6-7 Desember 2016 diikuti oleh 24  peserta yang terdiri dari unsur Dinas Pendidikan Sulteng, unsur pimpinan Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota.

Lanjut Ardiansyah menyederhanakan penyusunan profil pendidikan sebagai upaya untuk mengkaji citra, rasa dan bentuk pendidikan yang harus disajikan.

“Dunia pendidikan berkembang sangat dinamis, sehingga penting bagaimana pendidikan ini dicitrakan sebagai dasar pengambilan keputusan atau kebijakan,” ujarnya.

Menurut Ardiansyah tantangan dunia pendidikan yang berkembang harus diantisipasi dengan motivasi yang solid dari seluruh pemangku pendidikan untuk merumuskan strategi pemecahan masalah sekaligus untuk memajukan dunia pendidikan di Sulteng.

“Berbagai pelatihan dan upaya yang dilakukan oleh komponen pendidikan diharapkan menjadi cikal bakal pendidikan Sulteng yang lebih baik dimasa depan,” demikian Ardiansyah. SAH

Harian Mercusuar

View all posts