PALU, MERCUSUAR – Perkumpulan sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) akan melaksanakan Expo Wirausaha Sulteng di Mall Tatura Palu (MTP) pada  24-31 Desember nanti. Kegiatan ini menjadi wadah promosi bagi pelaku UMKM di Sulteng.

Sekretaris Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (Pinbuk) Sulteng  Andi Aril Pattalau mengatakan, Expo Wirausaha bisa menjadi wadah promosi produk-produk UMKM di Sulteng.

Selain Pinbuk, inisiator lain dari kegiatan ini yakni Jaringan Usaha Kreatif Mandiri Indonesia (JUKMI) Sulteng dan Komunitas Palu Berdaya. Semua perwakilan pendamping UMKM ini telah menghadap Gubernur Sulteng Longki Djanggola menyampaikan rencana Expo Wirausaha ini.

“Alhamdulilah, bapak Gubernur sangat merespons kegiatan Expo Wirausaha Sulteng ini. Bahkan beliau berjanji menyurat dan mengundang beberapa kementrian terkait untuk mendukung acara ini,” terang Andi Aril, Rabu (23/11/2017).

Dalam kesempatan tersebut, kata Aril, Gubernur juga mengungkapkan keprihatinannya terhadap beberapa pusat ekonomi di Kota Palu yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Seperti Pasar Tavanjuka yang tidak dimanfaatkan dengan baik.

“Gubernur bilang, pernah dua kali dia singgah di Pasar Tavanjuka dan melihat kurang sekali pedagangnya. Mestinya pemerintah kota, kata beliau, menjadikan Pasar Tavanjuka sebagai  pusat komoditi unggulan saja, sehingga bisa dimanfaatkan oleh UMKM yang selama ini tidak punya tempat penjualan yang representatif,” kata Aril menirukan ucapan gubernur.

Gubernur disebutnya sudah mendorong investor untuk masuk di Sulteng, khususnya yang berniat bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam pengembangan pasar khusus UMKM.

“Itu eks gedung Dharma Wanita yang ada di Jalan Moh Yamin, sudah tiga tahun ini ditawarkan gubernur kepada siapa saja yang bisa bangunkan pusat pemasaran UMKM, nanti Pemerintah Provinsi siap buatkan MoU,” katanya.

Ketua JUKMI Sulteng, Moh. Rizki Hidayatulah juga menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini  ingin merangkul semua wirausaha kecil dan menengah untuk bersatu padu bangkit dan berjuang meningkat kualitas usahanya, sehingga bisa membawa nama baik Sulteng di pentas nasional maupun internasional.

“Kita berharap dengan Expo Wirausaha ini  bisa meningkatkan semangat para pelaku UMKM untuk terus meningkatkan produksi serta mendapatkan peluang pasar untuk semua produk–produknya,” tegasnya. FUL

 

Harian Mercusuar

View all posts