POSO, MERCUSUAR-  Desa Kuku, Kecamatan Pamona Utara Kabupaten Poso secara resmi dicanangkan sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB). Peresmian Kampung KB ditandai dengan pemukulan gong dan penandatanganan prasasti Kampung KB bersama Kepala Dinas Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Poso dr Djani Moula pekan lalu.

Bupati Poso Darmin Sigilipu yang diwakili Camat Pamona Utara Upasun Wanindi dalam sambutannya mengatakan Desa Kuku merupakan desa yang kelima menjadi kampung KB di Kabupaten Poso.¬† Sesuai program nasional, setiap kecamatan diharapkan memiliki minimal satu Kampung KB. “Ke depan diharapkan setiap desa bisa menjadi Kampung KB,” tutur camat Upasun Wanindi.

Kampung KB merupakan salah satu model pelaksanaan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) terpadu melibatkan seluruh bidang yang ada di lingkungan BKKBN bekerja sama dengan instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah setempat, serta dilaksanakan di tingkat pemerintah terendah (RW/RT).

Kampung KB dibentuk sebagai salah satu upaya penguatan program KKBPK yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat dalam memberdayakan dan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB sehingga dapat mewujudkan keluarga yang berkualitas, mandiri dan berkarakter.

Program Kampung KB merupakan salah satu bentuk dukungan Pemerintah Provinsi terhadap agenda ketiga nawacita Presiden Joko Widodo yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dalam kerangka NKRI.

Kadis Pengendalian Kependudukan dan KB Djani Moula yang ditemui usai acara itu mengatakan Kampung KB di desa Kuku merupakan Kampung KB yang terbaik yang memilki daftar pengurus serta kantor sekretariat.

“Ini Kampung KB yang terbaik, lengkap dengan daftar nama pengurus dan sekretariatnya,” akunya.

Usai acara yang dihadiri para bidan dan perawat di Kecamatan Pamona Utara itu, dilaksanakan pertanyaan berhadiah oleh Kepala Dinas dan Camat sekaligus penyerahan hadiahnya. Juga ada penyerahan bingkisan kepada seluruh kader KB yang bertugas di Desa Kuku. PR

Harian Mercusuar

View all posts