MERCUSUAR – Delapan wasit bersertifikat C1  Nasional akan memimpin jalannya pertandingan Liga Nusantara (Linus) 2016 Regional Sulteng yang akan digelar di Kabupaten Poso.

Penilai Wasit (PW) nasional, Andi Rol menyebut kedelapan wasit tersebut terpilih atas dasar hasil  coopertest yang dilakukan di stadion  Gawalise belum lama ini.

“Di liga Nusantara tahun ini Asprov telah menetapkan delapan nama, enam dari Palu dan dua dari Poso. Mereka tentunya memiliki kemampuan dalam bertugas, baik sebagai wasit maupun asisten. Karena sesuai regulasi, wasit yang bertugas harus yang bersertifikat C1 Nasional,” ujar Andi Rol di Palu, Kamis (15/9/2016).  

Andi Rol
Andi Rol

Terkait dengan kesiapan korps baju hitam  dalam bertugas selama dua pekan, mantan wasit nasional 90-an ini  berharap semua wasit akan mengerahkan seluruh kemampuan terbaik  agar setiap tim yang bertanding tak ada yang merasa dirugikan. “Saya kira dengan waktu yang relatif lama itu tentunya stamina para wasit akan menjadi hal yang akan kita perhatikan karena pertandingan dilakukan dua kali sehari, jam pertama mulai pukul dua sore yang tentunya akan sangat menguras stamina,” ujar Andi.

Meski demikian Andi Rol meminta kepada seluruh tim utamanya para official untuk  belajar  menghargai keputusan wasit. “ Kami berharap tak ada protes berlebihan nanti di lapangan karena biar bagaimanpun ada batas yang mengahalangi kemampuan wasit untuk mengambil tindakan ketika terjadi kontak. Karena kebanyakan orang tidak tahu sudut pandang wasit dalam mengambil keputusan itu berbeda dengan sudut pandang penonton atau pemain lainnya. Jadi, marilah kita belajar menghargai dan menrima keputusan wasit,” tutupnya.

Kedelapan wasit tersebut adalah Akbar Subekti, Rahman Tinggede, Azwar Usaman Arya, Ricky Dullah Wahid, Andi Hermawangsa dan Yafet Dorus. Sementara dua wasit asal Poso yaitu Jumadil dan Suardi.

Issrin Assagaf

View all posts