DONGGALA, MERCUSUAR – Pencanangan Donggala Kota Wisata (DKW) yang dilakukan pada Senin (27/11/2017) hampir dipastikan akan berlangsung ramai karena dihadiri seluruh komponen masyarakat dari 167 desa / kelurahan se- Kabupaten Donggala yang berkumpul di anjungan Gonenggati Isempa Maipiapa Donggala.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Donggala, Saja’un, disela kegiatan persiapan pencanangan DKW minggu (26/11/2017) mengatakan bahwa setiap kepala desa  dan lurah datang bersama warganya tidak hanya menghadiri undangan bupati, tapi juga akan menampilkan beberapa atraksi seni dan budaya khas milik mereka masing-masing.

Berdasarkan susunan acara yang akan dilaksanakan mulai pagi hingga malam hari itu, beberapa diantaranya adalah menghadirkan masyarakat nelayan yang dikoordinir Dinas Perikanan untuk mengikuti penyerahan asuransi nelayan dan makan ikan bersama.

Ada pula penyerahan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan akte dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kepada masyarakat di 16 kecamatan.

Disamping itu, digelar pula gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan serangkaian acara terkait.

Kehadiran masyarakat dari seluruh pelosok Kabupaten Donggala ini, ditambah lagi dengan kehadiran para penyuluh Pertanian, Perikanan, Kelautan, termasuk dari UPTD kecamatan dan para guru.

Kegiatan hiburan yang dilaksanakan terutama hiburan lokal dari beberapa kecamatan atau organisasi kesenian di Kabupaten Donggala.

Kemeriahan pencanangan yang dipenuhi baliho dibeberapa lokasi itu, juga diselingi dengan lomba perahu naga.

Menurut Saja’un sesuai arahan bupati, bahwa pencanangan ini diupayakan terselenggara dari, oleh dan untuk masyarakat Kabupaten Donggala.

Masyarakat Donggala, khususnya diharapkan menjadi ujung tombak dalam menyukseskan DKW terutama dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. Tidak itu saja, warga Donggala diharapkan pula terlibat dalam kegiatan kepariwisataan yang berdampak pada peningkatan ekonomi.

Anjungan Gonenenggati Isempa Maipiapa yang berada di Kelurahan Kabonga Kecil Kecamatan Banawa ini, menjadi kawasan wisata kota yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

“Setelah pencanangan ini, seluruh pihak terkait akan bergerak menyukseskan program wisata di Kabupaten Donggala dengan seluruh kemampuan yang dimiliki,” tandasnya. HID

Harian Mercusuar

View all posts