PALU, MERCUSUAR – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu telah mengakhiri batas waktu pendaftaran Kepala Sekolah (Kepsek). Sebelumnya Disdikbud Kota Palu memperpanjang waktu pendaftaran hingga 11 Maret 2017 kemarin.

Perpanjangan itu dilakukan untuk memberikan kesempatan secara terbuka kepada para guru yang berkeinginan untuk maju sebagai calon kepsek. Pendaftaran kepsek ditutup, karena kuota perekrutan calon kepsek telah cukup sesuai ketentuan Disdikbud Kota Palu.

Kepala Disdikbud Kota Palu, Ansyar Sutiadi mengatakan para Kepsek hasil rekrutan ini nantinya akan ditempatkan di sejumlah sekolah, berdasarkan kebutuhannya, untuk SDN sebanyak 132 sekolah dan SMPN sebanyak 24 sekolah dan TKN 2 sekolah.

“Kita akan tempatkan calon Kepsek ini diberbagai sekolah yang hingga saat ini masih belum memiliki Kepsek. Selain itu nantinya juga akan ada pertukaran kepsek sebagai bentuk penyegaran jabatan yang ada di sekolah,” kata Ansyar, Sabtu (11/3/2017).

Sementara terkait target rekrutan, Ansyar mengaku tidak ada target tertentu, mengingat hasil rekrutan ini ditentukan oleh hasil seleksi nantinya. Sebab yang diinginkan menjadi kepsek adalah yang betul-betul memiliki jiwa managerial serta visioner dalam memimpin sekolah.

“Kami sudah berikan kesempatan secara terbuka, jadi nantinya seluruh calon kepsek akan mengikuti berbagai seleksi oleh panita tertentu. Jika mereka lolos seleksi maka itulah yang nantinya akan kami pilih sebagai kepsek,” jelasnya.

Pihaknya mengutamakan para calon kepsek yang memiliki kemampuan dan memiliki jiwa visioner dalam mengelolah sekolah. Jadi mereka diberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk mengajukan diri sebagai calon kepsek. UTM

Harian Mercusuar

View all posts