SIGI, MERCUSUAR- Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta mengatakan akan segera menggelar rapat bersama dengan Kepala Dinas Pendapatan, Bappeda, BKD dan Badan Perizinan Terpadu lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi.

Rapat tersebut katanya, untuk menindaklanjuti penandatanganan nota kesepakatan bersama  implementasi e-Government antara Pemerintah Kabupaten Sigi dengan Pemerintah Kota Surabaya serta pelayanan perizinan terpadu berbasis elektronik dengan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

“Akan dilakukan penyusunan jadwal pertemuan dengan instansi tersebut,” kata Bupati Sigi Irwan Lapatta, Rabu (28/9/2016).

Dalam rapat tersebut tambahnya, akan diagendakan pembahasan mengenai apa saja yang harus disiapkan terutama peralatan untuk mendukung tindaklanjut  penandatanganan nota kesepakatan bersama  implementasi e Government serta pelayanan perizinan terpadu berbasis elektronik tersebut.

Ia mengatakan program ini tidak akan berjalan tanpa dukungan dari instansi terkait dan instansi lainnya. Oleh karena itu,  pada pembahasan anggaran mendatang harus segera diadakan.

“Kerjasama ini bagus karena pelayanan perizinan terpadu berbasis elektronik sebagai upaya pencegahan korupsi. Selain itu, orang tidak perlu lagi berhadapan dengan pengelola dikeuangan,  buat berkasnya target berapa hari selesai, paling lama tiga hari,” ungkap Bupati Irwan.

Bupati juga menjelaskan, Pemkab Sigi akan mengirim tenaga teknis operator untuk belajar terkait  e Government dan pelayanan perizinan terpadu berbasis elektronik.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sigi, Nuim Hayat mengatakan, kegiatan penandatangan kesepahaman antara Pemerintah Kota Surabaya dan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo tersebut bukan seremonial belaka akan tetapi harus ditindaklanjuti dengan serius dan sungguh-sungguh.

Oleh karena itu, demi terwujudnya e-Government dan pelayanan perizinan terpadu berbasis elektronik di Kabupaten Sigi, maka instansi terkait harus saling bekerjasama.

Dalam penandatangan ini hadir pula Gubernur Sulteng Longki Djanggola, sedangkan Sulteng ada lima kabupaten yakni Kabupaten Sigi, Tojo Una-una, Banggai, Morowali dan Morowali Utara. AJI

Harian Mercusuar

View all posts

Latest videos