PARMOUT,MERCUSUAR-Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu membuktikan janjinya untuk memberikan layanan internet gratis kepada masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan dilaunching-nya layanan internet gratis melalui jaringan wifi di 10 titik di dalam Kota Parigi, Senin 19/9. Launching wifi gratis di  10 titik itu merupakan tahap pertama dari 100 titik wifi yang akan diadakan di wilayah Kabupaten Parmout.

Bupati Parmout Samsurizal Tombolotutu mengatakan, akses internet gratis itu merupakan hasil kerjasama Pemkab Parmout dengan pihak Telkom. Dia berharap dengan adanya layanan internet gratis akan memberikan dampak positif kepada masyarakat Parmout khususnya bagi pengusaha, pelajar, guru dan masyarakat lainnya yang  membutuhkan akses internet setiap hari.

“Saya minta kepada masyarakat khsusnya para pelajar agar memanfaatkan fasilitas internet gratis untuk kepentingan yang sifatnya positif seperti membuka link yang terkait dengan mata pelajaran, bukan malah digunakan untuk membuka link-link internet yang negatif,”tandasnya.

Samsurizal menambahkan, 10 titik wifi gratis itu dipasang di tempat-tempat publik diantaranya alun-alun depan Kantor Bupati, taman Masigi, kompleks perkantoran dan beberapa tempat lainnya. Rencananya kata Samsurizal, Pemkab Parmout akan kembali memasang 100 unit wifi yang akan dipasang di sejumlah kecamatan di wilayah Kabupaten Parmout.

Sementara itu General Maneger (GM) Telekom Palu, Muhammad Yusran Hole mengatakan, pemasangan internet gratis ini di Kabupaten Parmout merupakan bentuk kerjasama PT Telkom dengan Pemkab Parmout melalui program Membangun Nusantara.

Ditamabkanya, wifi gratis dengan Smart Wifi Nusantara memiliki kecepatan 10 MB perdetik. Dia juga berharap dengan adanya internet gratis tersebut akan membantu membangun dunia usaha bagi pengusaha termasuk kebutuhan bagi pelajar di Kabupaten Parmout.

Launching internet gratis itu ditandai dengan pembukaan selubung papan internet gratis oleh Bupati Parmoutdi pintu masuk lokasi taman terbuka hijau Masigi. TIA