PARMOUT,MERCUSUAR– Bupati Parigi Moutong  H Samsurizal Tomblotutu melantik ratusan pejabat eselon II dan III menjelang pergantian tahun, Sabtu malam 31/12 kemarin.

Dimana acara pelantikan yang diluar kebiasaan itu diawali dengan zikir dan ceramah agama oleh rektor IAIN Palu, Prof Dr H Zainal Abidin MAg.

Dari data yang ada sejumlah pejabat eselon II digeser dari jabatan sebelumnya. Mereka yang menempati jabatan baru dimana kepala dinas pendidikan sebelumnya   H. Ardi Kadir kini menjabat kepala Bappeda. Sementara ,  posisinya digantikan oleh  Adrudin Nur yang sebelumnya menjabat kepala Bappeda kini menjabat kepala Dinas Pendidikan Parmout.

Selanjutnya, Masdin yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan  menempati jabatan baru sebagai Inspektur Inspektorat. Jabatan Kepala Dinas Perhubungan ditempati oleh Zulfinachri, SSTP,  yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Tenaga dan Transmigrasi.

Sedangkan jabatan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi diisi oleh I Wayan Sariana yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Jabatan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan diisi oleh pejabat baru  yang promosi dari eselon III yakni Amir Syarifuddin .

Selanjutnya Nelson Metubun  yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kahutanan (BP4K) menempati jabatan baru sebagai kepala SKPD baru yang sebagai Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikulturan dan Perkebunan (dulu Dinas Pertanian dan Peternakan).

Sementara  Hacino Padjewoi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) menempati pos baru sebagai Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Mahmud M Tandju, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas ESDM juga menempati jabatan sebagai Kepala SKPD baru yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika. Hal yang sama juga dialami oleh  Sakti Lasimpala,  yang sebelumnya menjabat sebagai salah satu staf ahli Bupati, menjabat sebagai Kepala SKPD yang baru yakni Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Sedanfgkan Hadi Safwan  yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pelestarian Lingkungan Hidup (PLH) memimpin SKPD baru sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan. Sedangkan jabatan Kepala Dinas Lingkungan Hidup ditempati oleh Efendi Batjo yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan.

Selanjutnya Irfannur Lamalindu yang sebelumnya menjabat Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra juga  memimpin SKPD baru sebagai Kepala Dinas Penata Ruang Pertanahan dan Kawasan Permukiman. I Nyoman Sriadijaya  yang sebelumnya menjabat sebagai salah satu Staf Ahli Bupati menduduki jabatan baru sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang  menggantikan I Wayan Sulastro,  yang menempati pos baru sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB.

Sementara itu pantauan media ini  beberapa pejabat eselon II tetap menempati jabatan sebelumnya yakni Zulfinasran, SSTP Kepala Dinas PU dan Perumahan, Moh Sudarmin , Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa,  Kamiluddin Passau Kepala Badan Kesbangpol,  Mawardin  Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia,  Arifin Amat  Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Abdul Radjab, Kepala Badan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah.

Selanjutnya  dr Revi Tilaar Kepala Dinas Kesehatan, Hamka Lagala  Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Sabarudin Kilis,  Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan,  Wahyuni Borman sebagai Dinas Koperasi dan UKM, Arman Maulana Kepala Dinas Sosial, Hj Marlian Tombolotutu, Kepala Dinas Pendapatan Daerah, Armin  sebagai Sekretaris Sekretariat DPRD serta Joni Tagunu sebagai Kepala Satpol PP.

Beberapa Asisten dan Staf Ahli Bupati tetap menempati jabatannya kecuali Ir Moh Irfan yang promosi dari eselon III menjabat sebagai staf ahli bidang Sumber Daya Manusia Pengembangan Kawasan danWilayah. Sementara sebelumnya pada Sabtu sore juga dilantik ratusan pejabat eselon IV di tempat yang sama.

Bupati Parmout  Samsurizal Tombolotutu dalam sambutannya berharap agar para pejabat yang baru dilantik tersebut langsung bekerja sesuai tupoksinya masing-masing. Dia mengingatkan para pejabat yang baru dilantik itu agar tidak melanggar hukum. Pasalnya sesuai undang-undang ASN yang baru, dihukum sehari-pun oleh hakim pengadilan, maka pejabat yang bersangkutan akan langsung dipecat.

“Apabila ada dihukum satu hari-pun oleh pengadilan maka sesuai aturan ASN pejabat tersebut langsung diberhentikan sebagai PNS. Jadi saya minta saudara-saudara untuk menjaga agar tidak melanggar hukum termasuk saya memperingatkan diri saya sendiri,”ujar Samsurizal.

Kepala para pejabat yang belum sempat dilantik pada malam tersebut termasuk para camat dan perangkatnya, menurut Samsurizal akan dilantik dalam waktu dekat. Usai acara pelantikan langsung dilanjutkan dengan acara penyambutan tahun 2017 yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Hj Masria Abd Gani yang diteruskan dengan pesta kembang api.TIA