DONGGALA, MERCUSUAR – Pemerintah Kabupaten Donggala melalui Dinas Kesehatan menggelar kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sekaligus peresmian Puskesmas Kayuwou Alindau dan peluncuran ambulance gratis.

Kegiatan yang berlangsung meriah dengan berbagai acara itu, dihadiri bupati Donggala, Kasman Lassa beserta Ketua TP PKK Kabupaten Donggala, Hj. Indotang dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Donggala.

Bupati dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan perhatian dan dukungan yang cukup besar terhadap Germas yang perlu disukseskan bersama untuk menuju Kabupaten Donggala Sehat.

Bupati juga mengucapkan terima kasih atas selesainya pembangunan sarana dan prasarana Puskesmas Kayuwou Desa Alindau Kecamatan Sindue Tobata, dengan harapan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih optimal bagi masyarakat.

“Kebutuhan akan pelayanan kesehatan prima masih sangat didambakan seluruh masyarakat, khususnya masyarakat kurang mampu di Wilayah Kabupaten Donggala,” ujar bupati pada acara yang digelar di halaman Puskesmas Kayuwou di Desa Alindau Kecamatan Sindue Tobata, Jumat (26/5/2017).

Selain meresmikan puskesmas dalam bentuk penandatangan prasasti dan pengguntingan pita, bupati juga meluncurkan 11 ambulance gratis yang akan melayani masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Donggala.

Di samping itu, bupati juga menyerahkan surat ucapan terima kasih dari Kementerian Kesehatan kepada para dokter dan bidan PTT yang bekerja di Kabupaten Donggala, sebanyak 127 orang yang kesemuanya akan diangkat menjadi CPNS daerah Kabupaten Donggala sesuai revisi UU ASN tanpa melalui test.

Bupati juga menyerahkan 100 SK Tenaga Kontrak Daerah yang dibiayai oleh APBD Donggala sebagai tenaga kesehatan kontrak daerah yang terdiri dari Dokter Umum, Dokter Gigi, Perawat, Bidan dan Tenaga Kesehatan lainnya yang akan ditempatkan di wilayah sangat membutuhkan.

“Tidak dibolehkan ada yang pindah ke daerah yang sudah memenuhi jumlah tenaga kesehatannya. Sehingga pada tahun 2018 insha allah semua puskesmas yang tersebar di 16 kecamatan sudah terisi dengan tenaga dokter umum, dokter gigi, dan tenaga kesehatan lainnya,” tandas bupati.

Bupati berharap dengan adanya penambahan puskesmas modern dan kendaraan ambulance gratis tersebut, dapat memberikan dampak kinerja yang lebih baik dan semakin mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Donggala.

Selain itu, bupati juga menghimbau kepada seluruh pegawai yang akan ditempatkan di Puskesmas Kayuwou agar senantiasa menjaga dan memelihara sarana dan prasarana puskesmas dengan sebaik-baiknya, agar keberadaan sarana tersebut dapat terus dimanfaatkan secara optimal  dan berkesinambungan, utamanya kepada masyarakat yang akan diberikan pelayanan kesehatan.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Donggala, Anita B. Nurdin mengatakan, kegiatan kampanye Germas ini, merupakan kegiatan nasional yang melibatkan lintas sektor yang difokuskan pada tiga kegiatan, yaitu: meningkatkan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah serta pemeriksaan kesehatan secara rutin.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mendorong masyarakat membiasakan diri dalam melaksanakan hidup sehat,” ujarnya.

Selain kegiatan Germas dan peresmian Puskesmas Kayuwou serta penyerahan ambulance gratis juga dirangkaikan dengan, peresmian rumah adat Kayuwou Kecamatan Sindue Tobata dan kampanye Gerakan Nasional Gizi bagi remaja putri.

Kampanye Gerakan Nasional Gizi dimaksudkan untuk penanggulangan masalah anemia pada remaja sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus terutama pada remaja putri karena mengalami menstruasi setiap bulan yang dapat mengakibatkan anemia. Untuk itulah pemerintah membuat program pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri usia 12-18 tahun dengan dosis 1 tablet perminggu selama 1 tahun. HID

Harian Mercusuar

View all posts