POSO, MERCUSUAR – Pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Poso, Rabu (11/10/2017), mendatangi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Poso Kota Utara. Kedatangan pihak BRI tersebut, guna mengklarifikasi kembali data siswa penerima Program Indonesia Pintar (PIP) di sekolah tersebut.

Sebab, ada beberapa data siswa yang tidak sesuai atau tidak sama dengan data lainnya. Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala SMPN 3 Poso Kota Utara, Mariani Suklan, belum lama ini.

“Ada sekitar kurang lebih 10 siswa, dari 31 siswa penerima PIP, yang datanya tidak sesuai, seperti contoh, data tentang tahun kelahiran. Data di Kartu Keluarga (KK), berbeda dengan apa yang dituliskan di formulir atau yang tertera di Kartu Indonesia Pintar (KIP). Sebab dari itu, pihak BRI mengklarifikasi kembali data-data tersebut,” kata Mariani.

Mariani juga menambahkan, siswa yang datanya tidak sesuai tersebut, telah lulus dari SMPN 3 Poso. Sehingga dirinya meminta kepada siswa dan orang tua mereka, untuk datang ke BRI Poso langsung, untuk memperbaiki kesalahan dari data tersebut.

“Waktu memasukkan data tersebut ke pihak BRI Poso, saya juga sudah tidak memperhatikan lagi. Saya langsung masukkan saja. Biar dana tersebut bisa cepat dicairkan untuk para siswa. Karena dana dari PIP, sangat membantu siswa dan orang tua mereka, dalam hal pembiayaan. Karena data yang dimasukkan siswa dan orang tua mereka, terdapat kesalahan, saya meminta kepada siswa itu sendiri beserta orang tuanya untuk mendatangi BRI Poso, guna memperbaiki data tersebut,” tambah Mariani.

“Masing-masing siswa, rata-rata menerima bantuan dari PIP sebesar Rp750 ribu. Untuk di sekolah ini, kebanyakan penerima PIP berasal dari kelas VIII dan IX. Saya juga hanya berusaha membantu mereka untuk memperlancar pencairan dana PIP itu sendiri, agar dapat digunakan sebagai mana mestinya oleh siswa dan orang tua mereka. Semoga saja kesalahan data seperti ini, tidak terulang lagi. Saya juga bakal teliti terlebih dahulu, sebelum memasukkan data para siswa penerima PIP,” tegas Mariani. PR

Harian Mercusuar

View all posts