PALU, MERCUSUAR – Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Palu, Safriansyah memastikan akan tetap mengawasi peredaran parcel pada perayaan Natal Desember mendatang. Hal itu dilakukan agar masyarakat terhindar dari panganan yang tidak layak komsumsi.

“Iya, kita tetap akan awasi peredaran panganan jelang hari-hari besar keagamaan, khususnya parcel,” ujar  Safriansyah.

Ia mengatakan, jelang hari besar keagamaan, peredaran panganan semakin meningkat di pusat-pusat perbelanjaan modern dan tradsional. Dalam momentum demikian, BPOM mengintensifkan pengawasan.

“Biasanya akan kita lakukan intensifikasi pengawasan, termasuk cakupan pengawasannya,” ujarnya.

Pengawasan dilakukan dengan pengecekan ke lapangan memeriksa dan membongkar semua parsel yang terindikasi berisi makanan kedaluwarsa dan mengandung bahan berbahaya. BPOM berharap paket parcel yang beredar dimasyarakat aman dikonsumsi.

“Kami turun paling lama H-3 perayaan hari besar keagamaan. Untuk titik dan target pelaksanaan pengawasan secara umum di pusat-pusat perbelanjaan,” katanya

Dia menambahkan, masyarakat juga harus teliti dalam membeli panganan dan kebutuhan konsumsi. Itu dapat dilakukan dengan cara melihat kemasan, label, izin edar dan tanggal kadaluwarsa produk. Masyarakat harus teliti membeli keperluannya, baik di pusat perbelanjaan moderen maupun tradisonal. BOB

Harian Mercusuar

View all posts