PALU, MERCUSUAR  – Biro perjalanan kini menggenjot program perjalanan wisata dengan beragam daerah tujuan.  Novia Triastuty Sumangkut, Tour Leader di As Tour & Travel dari PT Asshahru Utama Wisata adalah salah satu biro perjalanan dengan prestasi penjualan lima besar terbanyak di Palu. Selain terdapat reservasi dan penjualan tiket, juga ada layanan pengiriman barang atau dokumen dan program paket perjalanan wisata maupun studi. “Program tour atau perjalanan kami langsung tangani sendiri. Selama ini kami banyak melakukan perjalanan wisata dan juga study tour bersama pelajar maupun pihak instansi kantoran,” ujarnya.  As Tour & Travel beralamat di Jalan Garuda  Nomor 1, Palu.

Biaya yang ditawarkan terbilang murah, bahkan menyesuaikan pilihan daerah tujuan. Program ini biasanya diadakan setelah momen libur panjang untuk menekan biaya yang berlebihan.

Peminat program tour setiap tahun terus meningkat yang kebanyakan dari sekolah, kampus, instansi maupun masyarakat umum.  “Program kami sudah berjalan dari dua tahun lalu, dan masyarakat kota Palu mungkin tidak terlalu banyak yang tahu adanya travel yang menangani langsung perjalanan wisata seperti kami,” ungkap Novia.

 

Kegiatan pariwisata memang semakin populer di masyarakat Indonesia, bahkan sejumlah daerah berbondong-bondong mengenalkan keunggulan wisata lokal dengan berbagai program pemerintah daerah maupun nasional. Kesempatan itu pun menjadi peluang yang turut meningkatkan pertumbuhan bisnis, baik secara lokal maupun internasional.

Sementara itu, Deny Nur Fatwa sebagai Manager As Tour & Travel mengatakan  permintaan tour lokal di Indonesia juga masih banyak peminatnya, apalagi terdapat berbagai macam objek wisata yang masih perlu dipromosikan.

Ia melanjutkan potensi wisata di Sulteng sangat bagus karena terdapat banyak objek wisata yang belum dikelola secara maksimal, dan semestinya pihak pemerintah daerah dapat mengembangkannya, sehingga dapat menghidupkan keunggulan pariwisata serta bisnis travel dan sebagainya.

“Sejauh ini pihak kami masih berupaya dan mencoba untuk dapat membangun perjalanan wisata lokal di Sulawesi Tengah, tapi kendalanya fasilitas pariwisata belum banyak mendapatkan dukungan yang memadai, seperti akomodasi, transportasi, maupun dari segi pemasyarakatan setempat”, ungkap Deny.

Pada akhir Juli 2017 mendatang, As Tour & Travel memiliki program perjalanan wisata ke 3 Kota, yaitu Surabaya, Malang, dan Bali selama empat hari. Biayanya keseluruhan Rp3,3 juta dengan tanggungan tiket pesawat pulang-pergi, transportasi, akomodasi, konsumsi, dan biaya operasional destinasi. AGUNG

 

Harian Mercusuar

View all posts