MERCUSUAR – Sekretaris Persatuan Olahraga Bilyar Seluruh Indonesia (POBSI) Sulteng, Muhammad Faisal Latjinala menyebut atlet Bilyar Sulteng butuh try out untuk mematangkan skill.

Namun sebelum itu terlaksana Faisal berharap tim pelatih  memantapkan latihan fisik atletnya selama dalam puslatda.

“Selama Puslatda ini kita fokus dulu pada latihan tehnik , namun tetap tidak melupakan latihan stamina atau  fisik, karena ketika fisik pemain tidak menunjang otomatis akan mempengaruhi pada kemampuan otak dalam menjalankan strategi. ”ujar Faisal, Senin (20/6/2016).

Faisal yang lebih akrab disapa Ical mengatakan Bilyar menjadi salah satu cabor yang melakukan latihan dalam kompleks Puslatda. Meski demikian dengan fasilitas meja standar yang disediakan KONI dia berharap kedua atletnya yakni, Jafar H Ali dan Rony Lumengkewas akan lebih siap  saat betanding di PON.

“Meja yang disediakan KONI sudah sangat bagus karena sudah sesuai standar untuk ukuran pertandingan , karena yang akan digunakan nanti di PON sama dengan yang kita pakai di Puslatda.

Jadi, Insya Allah dengan sarana yang ada saat ini sangat menunjang atlet nanti pada pertandingan sesungguhnya, sekarang tinggal kesiapan atlet saja nanti pada hari pertandingan,” tandas Ical.

Ical bahkan berharap kedua atletnya, khususnya Jafar H Ali mampu mempertahankan performa terbaik sehingga dapat memberikan kalungan emas buat kontingen Sulteng.

“Masalah target kita tetap ingin yang lebih baik bahkan harapan kami tentunya bisa mengulangi pencapaian seperti di kualifikasi PON dengan merebut medali emas,”harapnya.

“Kendala yang ada  saat ini hanyalah lawan latih tanding, sementara ini kita ajak mantan –mantan pebilyar yang lalu  dan kami  harapkan mereka bisa membantu karena hal itu sangat dibutuhkan untuk mengetahui sejauh mana hasil latihan selama dalam Puslatda. Kita juga mengupayakan untuk latihan bersama atlet pelatnas, namun semua tergantung dari KONI apakah bisa disetujui,”sambungnya.

Prestasi Biliar, kata Ical, sejauh ini membaik karena dukungan dan kontribusi dari pengurus POBSI utamanya Ketua Umum Syarifuddin Majid.

“Mudah-mudahan saja dukungan tersebut bisa memacu kami untuk berbuat lebih baik di PON nanti,”tutupnya. CLG

Issrin Assagaf

View all posts