MECUSUAR – Coach PS Beringin Putra, Ardiansyah  membuktikan janji untuk membuat bahagia pendukungnya  dengan sukses  mengatasi Persito Tolitoli sekaligus revans atas kekalahan di laga pembuka. Pada laga  final yang digelar di lapangan Faqih Rasyid, Jum’at (30/12/2016) petang, Kaifar dkk  unggul 2-0 lewat gol yang di cetak Rifandi Saad  dan Iksan.

Ardiansyah menyebut permainan timnya membuat dia puas meskipun salah satu gol dibuat  dari titik pinalti.

“Alhamdulillah kami bisa  memberikan yang terbaik di babak final ini sekaligus revans atas kekalahan di laga pembuka. Dan secara khusus saya berterima kasih kepada semua pemain utamanya pemain muda yang bisa menjawab kepercayaan yang saya berikan. Secara umum  permainan anak-anak sudah membuat kami puas . Dan setelah ini Beringin akan tetap fokus guna mengikuti beberapa event kedepan termasuk mempersiapkan tim ini mengikuti Liga Nusantara, Insha Allah,”ujar Ancha.

Beringin Putra yang memainkan skuad terbaik,  langsung menginisiasi serangan ketika wasit Andi Hermawangsah memulai kick off.  Namun sebuah lesatan spekulatif dari Hamzah di menit ke-3 nyaris membuat Tolitoli memimpin andai bola tak membentur mistar gawang.

Beringin Putra yang kembali di dampingi head coach Ardiansyah balik mengncam gawang Persito yang di jaga Irfan. Sayangnya sodoran manis Zailun, terlalu kencang bagi Kaifar yang datang menyongsong.

Persito yang bertumpu pada Marcel sebagai playmaker juga menciptakan peluang pada dua menit jelang  masa rehat. Sundulan Boby yang memantul dari tanah hanya melambung tipis diatas mistar gawang yang dijaga Muhammad Ragib.

Di babak kedua, kedua tim tetap dengan skema yang hampir mirip dengan lebih banyak memainkan bola pendek dan memulai serangan dari tengah.  Meski berimbang namun efektifitas menciptakan peluang dimiliki Beringin  lewat penetrasi Zailun, Kaifar dan Kurnia Sandi.

Beringin Putra akhirnya memecah kebuntuan ketika penetrasi Zailun dalam kotak pinalti di gagalkan Ridho Rifai. Pinalti sempat  membuat Persito melakukan protes, namun wasit tetap pada keputusan memberikan pinalti yang sukses di eksekusi Rifandi Saad di menit ke- 68.

Selepas gol itu, coach Persito, Darwis memainkan tiga striker dengan memasukkan Rahmatullah menemani  Hamzah dan Hilal. Namun demikian trio fullback, Amin, Wawan Kurnia dan Andi Muhammad Syafaat yang dimainkan Ardiansyah juga tampil taktis mengamankan lini pertahanan Beringin Putra.

Masuknya Kurnia Sandi dan Iksan menjdi senjata baru Beringin Putra  di babak kedua. Terbukti umpan silang  Sandi diteruskan dengan kepala Iksan  di menit ke -80 menjadi gol. Hingga berakhirnya laga, angka di papan skor tetap 2-0  untuk kemenangan  Beringi Putra.

Pelatih Persito tak banyak memberikan komentar usai laga. “Terima kasih dengan hasil ini, begitulah Sepakbola,”ujar Darwis tanpa panjang lebar.

Selain menerima piala bergilir Danrem 132 TDL yang diserahkan Danrem Kolonel Inf Saleh Mustafa , Beringin Putra menyabet bonus uang Rp. 25 juta dan Persito Tolitoli menerima Rp 20 Juta.

Kedua tim juga berbagi gelar individu dengan masuknya nama striker Persito, Hamzah sebagai pencetak gol terbanyak serta  playmaker Beringin Putra, Ari Kiswanto sebagai Best Player.  CLG

Issrin Assagaf

View all posts