PARMOUT, MERCUSUAR – Guna pengembangan kapasitas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) petani padi di Kabupaten Parigi Moutong (Parmout), Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten menggelar seminar, Kamis  (23/11/2017).

Kepala Sub Bidang Inovasi dan Tekkhnologi Bappelitbangda Kabupaten Parigi Moutong, yang juga Ketua Panitia Penyelenggaraan, Telma, mengatakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan ketersediaan hasil guna dan daya guna sumber daya manusia, sarana dan prasarana dan kelembagaan Iptek.

Selain itu, juga sesuAi penataan mekanisme intermediasi, guna meningkatnya tekhnologi dalam industrI daerah, sehingga tumbuhnya jaringan kemitraan dalam system inovasi daerah, juga untuk mengembangkan teknologi budidaya tanaman pangan dalam rangka pemenuham kebutuhan pangan masyarakat.

Dalam sambuatannya, Wakil Bupati Parmout, Badrun Nggai mengatakan bahwa seminar dalam rangka peningkatan produksi untuk memenuhi ketahanan stock lumbung pangan desa. Dimana kata dia, sebagai antisipasi ketidakpastian harga pangan beras di Parigi Moutong. Olehnya, itu atas nama pemerintah pihaknya sangat menyambut baik dilaksanakannya kegiatan seminar tersebut.

“Saat ini berbicara tentang ketahanan pangan Kabupaten Parigi Moutong selalu tiap tahunnya mendapat surplus yang cukup baik di Sulteng. Dengan kondisi yang ada tentunya baik dalam penggunaan pupuk untuk setiap petani dalam pengolahannya sudah melebihi kapasitas maksimal,” tandasnya. TIA

Harian Mercusuar

View all posts