PARMOUT,MERCUSUAR–  Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) saat ini  sedang melakukan pembahasan anggaran dengan Panwaslu Parmout, dalam pelaksanaan pilkada 2018.

Kepala Bidang Sosial Budaya Bappelitbangda Parmout, Ponco Nugroho, mengatakan Panwaslu sudah mengusulkan anggaran untuk pilkada dan sedang dibahas bersama Bappelitbangda. Jika sudah selesai ditingkat eksekutif akan dibawa ke DPRD untuk dibahas bersama badan anggaran.

“Kami sudah melakukan perbandingan dengan kabupaten yang sudah melaksanakan dan baru akan melaksanakan pilkada. Kami membahas anggaran per item sesuai yang diusulkan oleh Panwaslu. Bentuknya baru usulan, kalau sudah final nanti akan ada penandatanganan kerjasama penggunaan dana hibah,” jelas Ponco.

Pada prinsipnya kata dia, penganggaran diberikan sesuai dengan kebutuhan pilkada dan tetap akan mengedepankan prinsip kebutuhan dan efesiensi. Menurutnya, seluruh tahapan dan kebutuhan sudah dibahas bersama, hanya ada dua item yang belum diselesaikan karena belum ada susunan RAB.

Dikatakan, ada dua yang belum selesai dibahas, yakni anggaran kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu di tingkat dikecamatan dan FGD rakor pelatihan dalam rangka peningkatan partisipasi ditingkat kabupaten sampai kecamatan.

Ponco menerangkan, pengusulan anggaran berdasarkan aturan yang termuat dalam keputusan Badan Pengawas Pemilihan Umum RI nomor 0176/ K.Bawaslu/PR.03.00/IV/ 2017 tentang Standar Kebutuhan Pendanaan Kegiatan Pemilihan Gubernur Wakil Gubernur, Bupati Wakil Bupati, Walikota Wakil Walikota.

Berdasarkan surat permohonan kata dia, Panwaslu awalnya mengajukan anggaran senilai Rp9 Miliar kemudian direvisi menjadi 15  Miliar dalam dua tahap, tahap pertama tahun 2017 sebesar Rp3 Milar dan tahun 2018 Rp12 Miliar.

Sementara dari data yang diperoleh Jumat (13/10/2017), anggaran untuk Panwaslu Parmout yang termuat dalam daftar rincian pada Badan Anggaran tahap pertama sebesar Rp3,2 Miliar yang dianggarkan lewat APBD Perubahan. TIA

Harian Mercusuar

View all posts