PALU, MERCUSUAR – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulteng menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Rapat Daerah (Rakorda) membahas mengenai Swasembada Pangan Berkelanjutan di Kantor Bappeda, Jalan Moh Yamin Kota Palu, Senin (10/7/2017).

Dalam laporannya, ketua panitia Moh Saleh Lubis menyampaikan kegiatan ini digelar selama dua hari. Di hari pertama sesi pemaparan dan diskusi. Hari kedua membangun kesepahaman dan kesepakatan tentang target pencapaian produksi pangan yang merupakan bahan pangan pokok seperti padi, jagung, kedelai, holtikultura, daging sapi, daging kambing dan unggas.

“Rakorda pangan berkelanjutan ditujukan untuk membangun kesepakatan dan kesepahaman bersama antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota,” papar Saleh Lubis

Kesepakatan dan kesepahaman itu lanjutnya,  tentang cara, strategi, target dan pencapian produksi dan konsumsi pangan di Sulteng. Pertemuan ini diharapkan dapat membantu mempercepat tercapiannya Sulteng swasembada pangan. Selah Lubis menuturkan, berdasarkan Undang – undang 18 Tahun 2017, pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari Hak Asasi Manusia (HAM) yang dijamin di dalam UUD dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai komponen dasar untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

“Sehingga pemenuhan pangan merupakan tugas negara dan juga daerah sebagai kewajiban pelayanan dasar kepada masyarakatnya,” katanya.

Swasembada pangan tutur Saleh Lubis, merupakan program yang direncanakan dan dilaksanakan oleh antar disiplin ilmu, antar sector, pemangku kepentingan dan lintas wilayah. Menurutnya, hal tersebut lah yang mendasari digelarnya rakorda itu. Di Sulteng, melalui Bappeda yang dilakukan analisis srategi pencapaian swesembada pangan pada tahun 2016 yang ingin ditindaklanjuti dengan program aksi dari hasil kesepakatan dan kesepahaman pada Rakorda ini. Kegiatan itu sendiri dibuka langsung oleh Gubernur Sulteng Longki Djanggola dengan mengundang seluruh Bappeda kabupaten/kota se- Sulteng, Kepala Organisasi Perangkat Daerah yang membidangi Tanaman Pangan Holtikultura, Perkebunan dan Peternakan, Kelautan dan Perikanan serta  Kepala OPD tehnis yang mendukung tercapianya swasembada pangan. Asosiasi pangan, Lembaga Swadaya Masyarakat dan prktisi pangan. Hadir sebagai narasumber pada kegiatan itu, Direktur  Pangan dan Pertanian Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/Nappenas, Ir nono Rusono. Saleh Lubis juga melaporkan kegiatan tersebut dihadiri seratus orang lebih peserta. BOB

Harian Mercusuar

View all posts