MOROWALI, MERCUSUAR-Makin santernya isu akan dilengserkannya Ketua DPRD Morowali, H Ambo Dalle dari kursi pimpinan, langsung direspon oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Sulawesi Tengah, H Anwar Hafid. Hal itu diungkapkannya saat dikonfirmasi via pesan singkat, Rabu (31/8/2016).

“Setahu saya sampai hari ini belum ada perencanaan seperti itu, sepanjang Pak Ketua masih tetap Ketua DPRD,” kata Anwar Hafid.

Ditambahkannya, tidak ada alasan untuk menggantikan posisi Ketua DPRD terkecuali ada beberapa hal yang menyebabkan Ambo Dalle harus dilengserkan.

“Gimana kita mau ganti, pak ketua masih tetap ketua, masa jabatan beliau 5 tahun, kecuali berhalangan tetap atau mengundurkan diri atau terjerat hokum,” jelas Anwar.

Seperti diketahui, H Ambo Dalle digadang-gadang bakal maju dalam Pilkada Morowali tahun 2018 mendatang, namun informasi tersebut hanya berkembang di masyarakat tanpa ada pernyataan dari ketua DPRD tersebut.
Adanya informasi itu sehingga menyebabkan munculnya isu bahwa Ambo Dalle bakal dilengsertkan dari jabatannya dan akan digantikan posisinya oleh peraih suara terbanyak kedua, Irwan Arya yang kini menjabat sebaga ketua Komisi I DPRD Morowali.

Sementara di sisi lain, Ketua DPC Demokrat Morowali, H Syarifuddin Hafid yang tidak lain adalah adik kandung dari Anwar Hafid juga dikabarkan telah siap maju dari partai berlambang mercy tersebut.
Saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu, Sayrifuddin Hafid mengatakan bahwa siapapun yang akan diusung Demokrat dalam Pilkada 2018 nanti, harus tetap melalui survey mengenai elektabilitas kader Demokrat itu sendiri.

Sementara, H Ambo Dalle yang diminta tanggapannya terkait isu tersebut mengatakan bahwa keputusan tergantung dari ketua partai.

“Sebagai petugas partai yang ditugaskan menjadi ketua DPRD, saya menyerahkan sepenuhnya apapun keputusan dari pimpinan, sami’na waata’na, dan siap menerima konsekuensi itu,” tandasnya.BBG