MOROWALI, MERCUSUAR-Setiap manusia punya hobi dan kebiasan yang berbeda-beda sesuai dengan keinginan masing-masing, termasuk para pejabat.

Andi Irman, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Morowali memiliki hobi ekstrim, yakni permainan motor track di wilayah hutan yang memiliki medan berat. Hampir setiap minggu jika ada waktu luang, ia dan rekan-rekan klubnya menerjang wilyah pegunungan menggunakan motor trail sekedar melepas waktu penat.

Namun demikian, hobi ekstrim itu bukan satu-satunya hobi yang diminati Andi Irman. Kecintaannya pada alam membuat dirinya juga memelihara kucing persia, ikan hias dan bermacam-macam unggas yang dirawat khusus pada tempat ala kebun binatang mini di halaman rumahnya. Dari jenis ikan, terdapat beberapa spesies, seperti Arwana, Koi, Mas Koki, Cupang, dan lainnya. Beberapa aquarium dan satu kolamnya pun dibuat sendiri dibantu beberapa rekannya.

Yang paling menarik adalah peliharaan jenis unggasnya. Selain itik dan ayam kampung serta ayam kate (kerdil), berbagai jenis burung juga terpelihara dengan baik, mulai merpati, burung parkit berwarna-warni, nuri, dan 3 ekor kakatua putih yang telah dibuatnya jinak.

Sebelum berangkat menuju kantor dan pulang kantor, Andi Irman selalu menyempatkan waktu sekitar 10 menit untuk menyuapi burung kakatuanya dengan jagung manis.

Diktakannya, hobi tersebut sudah sejak lama ia jalani, dan bukan hanya sekedar mengandangkan, akan tetapi makanan, perawatan dan kesehatannya juga rutin dilakukan agar hewan peliharaan terjaga dengan baik.

Kecintaannya pada hewan bukan tanpa makna, namun melambangkan kesyukurannya terhadap makhluk hidup lain ciptaan Tuhan yang juga harus mendapatkan perlakuan layaknya manusia dengan makanan, tempat tinggal dan pemeliharaan kesehatan yang layak.

“Hewan-hewan ini juga makhluk hidup ciptaan Allah, jadi tidak ada salahnya kalau dipelihara dengan cara yang baik, perhatian yang cukup, serta makanan yang sesuai dengan tempat asal spesiesnya, dan saya juga tidak lupa selalu memeriksa kesehatannya secara rutin,” tandasnya. BBG

Resti Ananda Putri

View all posts