PARMOUT, MERCUSUAR– Kecamatan Ampibabo yakni di Desa Toga dan Kecamatan Siniu di Desa Siniu dicanangkan sebagai kampung keluarga berencana (KB).

Hal tersebut dilaksanakan belum lama ini dan dihadiri oleh Wakil Bupati Parigi Moutong, H Badrun Nggai.Dalam sambutanya, Badrun Nggai mengatakan, ada beberapa harapan yang dititipkan pada kegiatan itu, diantaranya kampung KB dibutuhkan keberadaannya.

Sebab kata dia, keberhasilan program KB sangat membantu meningkatkan kualitas hidup manusia dan kesejahteraan keluarga pra-sejahtera menuju lebih baik. Sehingga dengan ditetapkannya   kampung KB, diharapkan mendorong pembangunan menuju masyarakat yang sejahtera.

Dikatakan, program keluarga berencana dapat memberikan kontribusi maksimal dalam melaksanakan pengendalian penduduk di Parigi Moutong, yang tentunya berpengaruh terhadap pembangunan dan mengurangi laju pertumbuhan penduduk.

“Kampung KB menjadi miniatur pelaksanaan program KB dan pembangunan keluarga sejahtera di wilayah se-tingkat kelurahan/ desa dengan syarat dan kriteria tertentu. Hal itu sebagai program dari, oleh, dan untuk masyarakat,” jelasnya.

Ia menuturkan, Kampung KB diutamakan bagi daerah miskin, padat penduduk, wilayah pesisir, terpencil atau perbatasan dengan akses pelayanan kesehatan minim. “Kepada para pemerintah desa, saya berpesan agar pemanfaatan anggaran dana desa (ADD) betul-betul dimaksimalkan untuk peningkatan sarana infrastruktur desa,” harapnya.

Ia menambahkan, jika desa dapat maju dan berkembang secara otomatis akan mendongkrak peningkatan daerah itu sendiri. Hal ini harus dilakukan agar visi daerah ini ‘Melanjutkan Terwujudnya Kabupaten Terdepan yang Produktif, Maju, Aman, Tertib dan Berdaya Saing’ terwujud. TIA

Harian Mercusuar

View all posts

Latest videos