TANAMODINDI, MERCUSUAR – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sekolah – sekolah sudah berlangsung. Hari Sabtu (25/6/2016) PPDB jalur regular untuk tingkat SMA/SMK akan diumumkan siapa saja yang diterima.

Indikasi kecurangan sering terjadi ketika calon siwa yang dinyatakan diterima harus kembali melakukan pendaftaran ulang. Dimana tidak sedikit pihak sekolah yang melakukan Pungutan Liar (Pungli) terhadap calon siswa dengan berbagai dalih.

Untuk mencegah terjadinya kecurangan pada proses PPDB tahun ini, Ombudsman Perwakilan Sulawesi Tengah (Sulteng) juga telah membuka posko pengaduan PPDB dan semua masyarakat diharapkan untuk segera melapor, jika ada Pungli di sekolah.

Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemkot) Palu melalui Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Dikbud) Kota Palu telah mengeluarkan surat edaran ke seluruh sekolah yang ada di Kota Palu terkait Pungli.

Surat Edaran yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Kota Palu tentang larangan pungutan. Seluruh Satuan Pendidikan di kota Palu dilarang melakukan pungutan kepada siswa baru. Foto : KARTINI NAINGGOLAN/MS
Surat Edaran yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Kota Palu tentang larangan pungutan. Seluruh Satuan Pendidikan di kota Palu dilarang melakukan pungutan kepada siswa baru. Foto : KARTINI NAINGGOLAN/MS

Dalam surat edaran Nomor 422.1/1139/DIKBUD tanggal 4 Maret 2016 tentang PPDB tahun ajaran 2016-2017, Seluruh satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah tidak dibenarkan dan dilarang melakukan pungutan dalam bentuk apapun baik sebelum, pada saat dan sesudah PPDB.

Jika hal tersebut ditemukan, maka Dinas Dikbud Kota Palu akan memberikan sanksi kepada kepala sekolah yang bersangkutan sesuai ketentuan yang berlaku.

Surat edaran tersebut juga menjelaskan bahwa biata PPDB pada seluruh jenjang satuan pendidikan bersuber dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sehingga sekolah tidak dibenarkan melakukan Pungutan.

Kepala Ombudsman perwakilah SUlteng, H Sofian Farid Lembah mengatakan, siapapun yang memiliki info apalagi fakta kecurangan dan Pungutan dalam proses PPDB tahun 2016 untuk segera dilaporkan. Ombudsman kata dia, akan segera menindaklanjuti kecurangan yang dilaporkan tersebut.

H Sofyan Farid Lembah
H Sofyan Farid Lembah

“Fakta tentang adanya temuan Pungli pada PPDB tahun ini agar segera dilaporkan, Ombudsman juga sudah selama satu minggu ini membuka posko pengaduan PPDB,” ujarnya.

Laporan terkait adanya Pungli yang dilakukan oleh pihak sekolah disampaikan langsung ke kantor Ombudsman perwakilan SUlteng jalan Nuri Nomor 28 Palu, Kelurahan Tanamodindi, Mantikulore dengan membawa bukti – bukti.TIN

Komentar

komentar

Kartini Nainggolan

Lihat semua tulisan