PALU, MERCUSUAR – Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar (SD) yang resmi dimulai pada Senin (15/5/2017) juga dilaksanakan serentak di SD di Kabupaten Buol.

Di Kecamatan Biau, pelaksanaan ujian dibagi dalam beberapa rayon dengan menggabungkan sejumlah SD yang berdekatan, seperti di SDN 3 Biau yang digabungkan dengan peserta ujian dari SDN 16 dan SDN 4 Biaudengan total peserta UN 88 siswa.

Seperti yang disampaikan Kepala SDN 4 Biau, Yamin Mastura yang menggabungkan beberapa sekolah dasar dalam pelaksanaan UN dan lebih memaksimalkan kualitas pengawasan ujian .

Menurutnya, dalam ujian tersebut ada beberapa kendala teknis yang dihadapi murid, seperti adanya soal-soal obyektif yang tidak tercantum pilihan jawabannya.

“Meskipun pada hari pertama ujian terdapat pertanyaan yang tidak memiliki jawaban pilihan obyektif, namun masalah tersebut di koordinasikan dengan Dinas Pendidikan, dengan mengosongkan atau tidak menjawab pertanyaan tersebut,” terang Yamin, Selasa (16/5)

Sementara Dinas Pendidikan yang dikonfirmasi melalui Sekretaris Disdikbud Buol, Sofyan Yusuf, membenarkan informasi tersebut dan mengatakan pihaknya juga langsung berkoordinasi dengan provinsi.

“Mengenai soal bidang studi Bahasa Indonesia yang di UN kan pada hari pertama ujian kemarin, terutama pada soal nomor 44 yang tidak tercantum pilihan jawabannya, sudah kami buatkan berita acara dengan menginstruksikan kepada peserta ujian untuk melewatkan pertanyaan tersebut. Sehingga proses ujian berjalan lancar, “terang Sofyan.

Mewakili Disdikbud Buol,Sofyan berharap panitia pelaksana ujian mengikuti petunjuk serta aturan yang sudah ditentukan, agar memberikan citra yang baik terhadap dunia pendidikan khususnya di daerah Buol, mengingat ini adalah Ujian Nasional yang dilaksanakan serentak di tanah air. FAN

Komentar

komentar

Harian Mercusuar

Lihat semua tulisan