Ada 26 Titik Longsor di Kebun Kopi

 

 

DONGGALA, MERCUSUAR – Berdasarkan pantauan media ini, setidaknya ada 26 titik longsor kecil sedang dan besar sepanjang jalur Trans Sulawesi Kebun Kopi, Perbatasan Donggala dan Parigi. Longsoran itu merupakan titik baru.

Tanah yang labil diduga mengakibatkan pergerakan tanah yang berujung pada longsor. Ada beberapa titik yang telah dipasang pembatas sebagai pemberitahuan bahwa rawan longsor.

Pantauan wartawan, Rabu (23/8/2017) dari wilayah Donggala sampai Toboli, terlihat titik-titik longsor berpotensi terjadi jika hujan mengguyur. Sejumlah pengguna jalan pun mengaku was-was.

Longsoran tanah, batu kerikil dan kayu dari bukit gunung terlihat berserakan di pinggir jalan. Sementara bekas longsor beberapa waktu lalu, masih terlihat mengancam.

Salah satu Petugas Ditlantas Polda Sulteng yang berjaga di Pos Perbatasan Donggala Parigi mengatakan, jika hujan longsor berpotensi besar terjadi.  “Kalau hujan begini rawan lagi,” bebernya.

Kepala Satuan Pengatur Jalan Raya (Kasat PJR) Ditlantas Polda Sulteng AKBP M. Paransa, mengimbau pengguna jalan untuk tetap waspada jika melintas di lokasi-lokasi longsor Kebun Kopi.

“Saat ini lalulintas normal aman dan lancar, pengguna jalan harus tetap wasapada,” tandasnya. TUR