PALU, MERCUSUAR – Harapan Mas Nur (41) untuk memiliki rumah setelah 14 tahun meratau akhirnya terwujud dengan memiliki rumah tipe 40 di perumahan Kelapa Gading.

Mas Nur sempat tidak percaya bisa memiliki rumah di perum Kelapa Gading karena profesinya hanya sebagai pedagang makanan keliling yang tidak menentu penghasilannya. Tetapi berkat bantuan dari pengembang PT Abdi Jasa Developer yang memfasilitasi dan memberikan jaminan kepada perbankan, ia bisa dipercaya mendapatkan pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari bank sejak tiga tahun silam.

“Saya dapat informasi tentang perum Kelapa Gading dari teman dan selanjutnya saya memberanikan diri untuk mengajukan pembelian rumah tipe 36 subsidi tapi ditolak bank karena bukan pekerja berpenghasilan tetap. Namun, saat mengajukan pembelian tipe 40 disetujui bank karena developer memberikan garansi,” kata Mas Nur didampingi istrinya saat ditemui di rumahnya yang asri dan telah direnovasi pekan lalu.

Dirut PT Abdi Jasa Developer, Suparman mengungkapkan alasan pihaknya berani memberikan jaminan kepada pembeli rumah ini karena dirinya mempunyai keyakinan kalau user ini akan lancar dalam membayar angsuran. Pasalnya memiliki penghasilan setiap hari walaupun bukan berprofesi sebagai pekerja formal dengan upah bulanan.

“Dari hal itu kami berani memberikan jaminan yang dibuat dalam akta perjanjian dihadapan notaris jika user tidak lancar angsurannya maka developer akan membeli kembali rumah itu dengan harga lama,” kata Suparman.

Keyakinan lain, tidak mungkin warga yang sudah lama tinggal di kost atau kios kembali lagi setelah memiliki rumah sendiri karena mereka sudah merasakan sulitnya hidup seperti itu. Dipastikan mereka akan sekuat tenaga untuk mencari angsuran rumah setiap bulannya. HAI

Harian Mercusuar

View all posts